Efektivitas model Problem Based Learning (PBL) berkonteks Socio-Scientific Issue (SSI) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi hidrolisis garam
Aenulyaqin, Fitri (2024) Efektivitas model Problem Based Learning (PBL) berkonteks Socio-Scientific Issue (SSI) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi hidrolisis garam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2008076056_FITRI_AENULYAQIN]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2008076056_Fitri Aenulyaqin_Lengkap Tugas Akhir - FITRI AENULYAQIN UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (8MB)
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik MAN Kendal disebabkan beberapa hal seperti pembelajaran yang belum menghubungkan masalah sosial atau isu sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning (PBL) berkonteks Socio-Scientific Issues (SSI) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi hidrolisis garam. Jenis penelitian ini yaitu quasi experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian yaitu siswa MAN Kendal kelas XI A berjumlah 36 sebagai kelas kontrol dan kelas XI F berjumlah 36 sebagai kelas eksperimen dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 77,29 dan rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 66,6. Hasil uji hipotesis dihasilkan thitung = 4,61 > ttabel= 1,667 dalam taraf signifikan 5% sehingga Ha diterima, bahwa model PBL berkonteks SSI efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi hidrolisis garam. Hal ini juga didukung hasil keefektifan peningkatan dengan nilai effect size sebesar 1,085 dengan kategori tinggi berdasarkan interpretasi Cohen’s. Disimpulkan bahwa model PBL berkonteks SSI efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi hidrolisis garam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model PBL berkonteks SSI; Berpikir Kritis; Hidrolisis Garam |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 02:42 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 02:42 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28003 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year