Efektivitas model Problem Based Learning-Group Investigation (PBL-GI) terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi kesetimbangan kimia
Mutmainnah, Mutmainnah (2024) Efektivitas model Problem Based Learning-Group Investigation (PBL-GI) terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi kesetimbangan kimia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2008076071_MUTMAINNAH]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2008076071_Mutmainnah_Full Skripsi - inak inuk.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (22MB)
Abstract
Literasi sains merupakan kemampuan yang harus dimiliki peserta didik untuk membantu memecahkan masalah dengan konsep ilmiah. Rendahnya literasi sains disebabkan beberapa faktor diantaranya bahan ajar dan model pembelajaran yang tidak melibatkan peserta didik secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model Problem Based Learning-Group Investigation (PBL-GI) terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi kesetimbangan kimia. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning-Group Investigation (PBL-GI) efektif terhadap kemampuan literasi sains peserta didik. Hal ini dibuktikan melalui data hasil uji hipotesis thitung = 4,824 > ttabel = 1,669 serta hasil uji N-gain kelas eksperimen (0,6487) lebih tinggi daripada kelas kontrol (0,5064). Artinya Ha diterima atau model Problem Based Learning-Group Investigation (PBL-GI) efektif terhadap kemampuan literasi sains peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan literasi sains; kesetimbangan kimia; model PBL-GI |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 06:37 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 06:37 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28018 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year