Implementasi sabar pada guru dalam mendidik anak autis : studi kasus terhadap guru di SLB Negeri Semarang

Ratri, Annisa Aulia Permata (2024) Implementasi sabar pada guru dalam mendidik anak autis : studi kasus terhadap guru di SLB Negeri Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2004046040_ANNISA AULIA PERMATA RATRI_Lengkap] Text (Skripsi_2004046040_ANNISA AULIA PERMATA RATRI_Lengkap)
Skripsi_2004046040_ANNISA AULIA PERMATA RATRI_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kesabaran adalah kunci utama seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah. Untuk itu, dalam mendidik anak autis sanagt diperlukan kesabaran. Dengan bersabar, seorang guru memiliki kesan yang perhatian, kasih sayang, peduli, yang pada akhirnya dapat mencapai tujuan dari pendidikan. Mengingat anak autis memiliki gangguan dalam bidang komunikasi, interaksi sosial, gangguan sensoris, pola bermain, perilaku dan emosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep sabar guru dalam mendidik anak autis dan implementasi sabar dalam mendidik anak autis.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Objek penelitian ini adalah pemahaman sabar pada guru dalam mendidik anak autis. Subjek penelitian ini adalah dan guru di SLB Negeri Semarang yang mengajar anak autis dengan jumlah subjek tiga orang. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru di SLB Negeri Semarang memiliki pemahaman dan implementasi sabar dalam mendidik anak autis. Diperoleh pemahaman sabar dalam mendidik anak autis seperti sabar sebagai bukti tanggung jawab seorang guru, sabar sebagai bukti moral spiritual seorang guru, dan sabar sebagai bukti pelatihan dan pengembangan diri. Implementasi dari sabar pada guru di SLB Negeri Semarang diwujudkan dalam bersikap tegas dan tenang; menggunakan gambar atau gerakan tubuh; dan membantu dalam berkomunikasi. Hal tersebut dilakukan guna mempermudah guru dalam berinteraksi dengan muridnya di sekolah. Sehingga diperoleh tingkat kesabaran guru pada tingat mujāhidīn.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sabar; Autis; Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 23 Oct 2025 01:39
Last Modified: 23 Oct 2025 01:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28101

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics