Penciptaan hiperrealitas dalam iklan junk food di media massa : tinjauan pemikiran Simulakra Jean Baudrillard

Kumalasari, Eka Sandra (2024) Penciptaan hiperrealitas dalam iklan junk food di media massa : tinjauan pemikiran Simulakra Jean Baudrillard. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1704016050_Eka Sandra Kumalasari_Full] Text (Skripsi_1704016050_Eka Sandra Kumalasari_Full)
Skripsi_1704016050_Eka Sandra Kumalasari_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Iklan junk food terdiri dari produk bermerek McDonald’s, Burger King, Kentucky Fried Chicken (KFC), Pizza Hut, Richeese Factory telah merebak dalam budaya konsumerisme dewasa ini membentuk realitas melalui tanda, citra dan kode yang membawanya. Fenomena realitas yang terjadi telah mengalami rangkaian proses simulasi dan simulakra yang menjadi representasi hiperrealitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami penciptaan hiperrealitas dalam iklan junk food yang ditinjau dengan sudut pandang teori simulakra Jean Baudrillard serta peran media massa dalam menciptakan hiperrealitas dalam iklan junk food. Penelitian ini merupakan suatu jenis penelitian studi kepustakaan, dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pencarian sumber-sumber pustaka yang relevan. Sedangkan, analisis data menggunakan analisis deskriptif kemudian dilanjutkan dengan metode interpretasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Iklan junk food McDonald’s, Burger King, Kentucky Fried Chicken (KFC), Pizza Hut dan Richeese Factory telah menipu realitas yang sebenarnya dari nilai-nilai originalitas atau keaslian dengan realitas yang seharusnya. Hal ini disebabkan karena iklan junk food telah masuk ke dalam ruang publik dengan mengarahkan masyarakat terhanyut dalam aktivitas konsumsi atas representasi simulasi dan simulakra. Sehingga penciptaan hiperrealitas dalam iklan junk food melalui rangkaian fase simulasi dan simulakra yang dihasilkan melalui kompleksitas relasi antara tanda, citra serta kode-kode dimulai dari perkembangan; citra merupakan refleksi dari realitas (based on reality), citra memalsukan/menyembunyikan suatu realitas (reproduced endlessly), citra mengaburkan/menyembunyikan ketiadaan dari realitas (no real) dan citra sama sekali tidak berkaitan dengan realitas apapun, tatanan simulakra murni atau hiperrealitas (hyperreality). (2) Peran media massa dalam menciptakan hiperrealitas iklan junk food McDonald’s, Burger King, KFC, Pizza Hut dan Richeese Factory menyajikan citra, tanda dan simbol yang bersifat persuasif melalui fase yang diciptakan oleh media dan massa; strategi realitas dunia simulasi, realitas baru yang kelebihan informasi dan hiperrealitas yang merebak di mana-mana. Media massa membentuk pandangan dan persepsi masyarakat. Sehingga, realitas seringkali dipahami secara terbalik dengan menempatkan yang hiperrealitas dianggap sebagai kenyataan. Upaya menyikapi hiperrealitas dalam iklan junk food dengan cara mengembangkan kesadaran kritis secara individu dan kolektif dalam membedakan antara realitas dan representasi atas media, membebaskan diri dari ketergantungan dan pengejaran prestise, pengakuan sosial dan gaya hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Iklan; Junk food; Media massa; Simulakra; Hiperrealitas
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Nov 2025 04:33
Last Modified: 03 Nov 2025 04:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28161

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics