Model komunikasi public relations Biro Humas Kementerian Agama RI dalam pelayanan haji ramah lansia

Hidayati, Dinda Mutia (2025) Model komunikasi public relations Biro Humas Kementerian Agama RI dalam pelayanan haji ramah lansia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2101026038_Dinda_Mutia_Hidayati] Text (Skripsi_2101026038_Dinda_Mutia_Hidayati)
Skripsi_2101026038_Dinda_Mutia_Hidayati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas model komunikasi public relations (PR) yang diterapkan oleh Biro Humas dan Komunikasi Publik Kementerian Agama dalam mendukung program Haji Ramah Lansia tahun 2024. Latar belakang penelitian dilandasi oleh meningkatnya jumlah jemaah lanjut usia yang mengikuti ibadah haji, sehingga menuntut adanya strategi komunikasi yang adaptif, inklusif, dan responsif terhadap kebutuhan kelompok rentan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis model komunikasi public relations Biro Humas dalam menyampaikan informasi, serta melibatkan publik, khususnya jemaah lansia, dalam proses komunikasi pelayanan haji.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi terhadap aktivitas kehumasan Kementerian Agama selama musim haji 2024. Analisis data dilakukan dengan merujuk pada teori empat model komunikasi public relations Grunig dan Hunt (1984), yaitu press agentry, public information, two-way asymmetrical, dan two-way symmetrical.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Biro Humas menerapkan seluruh model komunikasi PR menurut teori Grunig dan Hunt (1984) secara kontekstual dan saling melengkapi. Dominasi terlihat pada model dua arah simetris yang ditunjukkan melalui forum tatap muka, penyusunan pesan dengan bahasa sederhana dan visual ramah lansia, serta penerimaan umpan balik. Temuan ini telah membantah teori tersebut mengenai penggunaan model satu arah yaitu public informations untuk sektor pemerintahan. Namun, tantangan tetap ada, seperti keterbatasan literasi digital lansia, ketimpangan pemahaman antar petugas, dan distribusi media informasi yang belum merata dan belum maksimal. Meskipun demikian, strategi komunikasi yang digunakan terbukti cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman, kenyamanan, dan kepercayaan jemaah lansia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi publik; Public relations; Haji ramah lansia; Kementerian Agama; Model Komunikasi; Grunig dan Hunt
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Nov 2025 08:35
Last Modified: 20 Nov 2025 08:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28321

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics