Strategi public relations Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam mengampanyekan Kalender Hijriyah Global Tunggal

Al-Azizi, Muhammadi Rifqi (2025) Strategi public relations Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam mengampanyekan Kalender Hijriyah Global Tunggal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2101026075_Muhammadi_Rifqi_Al-Azizi] Text (Skripsi_2101026075_Muhammadi_Rifqi_Al-Azizi)
Skripsi_2101026075_Muhammadi_Rifqi_Al-Azizi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Public relations menjalankan peran dan tugasnya untuk menyampaikan niat baik institusi dengan membentuk sebuah kesepakatan pemahaman sehingga menciptakan kepercayaan publik. Praktisi public relations dapat menjalankan perannya melalui kegiatan komunikasi dan kampanye public relations. Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui gagasan baru tentang implementasi Kalender Hijriyah Global Tunggal memerlukan strategi untuk memperkenalkannya kepada publik. Penelitian ini befokus pada pengkajian strategi public relations Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam mengampanyekan gagasan baru tentang Kalender Hijriyah Global Tunggal yang belum banyak diteliti sebelumnya. Dengan pendekatan teori PR Cutlip, Center, & Broom serta model 7C’s Communication, penelitian ini tidak hanya menganalisis tahapan strategis, tetapi juga menilai kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh organiasi keagamaan di Indonesia dalam menyebarluaskan gagasan baru kepada khalayak lokal dan internasional.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalaln wawancara dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi public relations Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam mengampanyekan Kalender Hijriyah Global Tunggal. Teknik analisis data dari Huberman dan Miles berupa model analisis data yang terdiri atas tiga yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menjalankan strategi komunikasi dalam upaya kampanye Kalender Hijriyah Global Tunggal melalui Tim Media dan Komunikasi. Strategi tersebut diwujudkan dalam tahapan-tahapan yang mencerminkan proses kerja public relations secara umum, yaitu fact finding, planning, communication and action, evaluation. Pada tahap fact finding, tim melakukan pengumpulan kendala terkait Kalender Hijriyah Global Tunggal. Informasi tersebut menjadi dasar dalam menyusun strategi yang terencana dan berbasis data. Tahapan planning, Tim Medkom menentukan sasaran audiens, saluran komunikasi dan merancang pesan kampanye. Tahap communication and action menggunakann penyebaran konten di media sosial resmi Muhammadiyah. Terakhir, evaluation dilakukan secara berkala untuk mengukur efektivitas kampanye, termasuk respon publik terhadap pesan yang disampaikan. analisis peneliti, pelaksanaan komunikasi dinilai masih belum optimal. Hal ini terlihat dari jumlah produksi konten yang sedikit dan terbatas pada media internal Muhammadiyah tanpa ada kolaborasi dengan pihak eksternal mengakibatkan jangkauan informasi mengenai Kalender Hijiryah Global Tunggal belum sepenuhnya menjangkau khalayak yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi; Public relations; Kampanye; Pimpinan Pusat Muhammadiyah; Kalender Hijriyah Global Tunggal
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 21 Nov 2025 01:36
Last Modified: 21 Nov 2025 01:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28323

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics