Analisis pengelolaan konten di Instagram @majt_jateng dalam perspektif digital public relations

Mahdani, Ulya (2025) Analisis pengelolaan konten di Instagram @majt_jateng dalam perspektif digital public relations. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2101026118_Ulya_Mahdani] Text (Skripsi_2101026118_Ulya_Mahdani)
Skripsi_2101026118_Ulya_Mahdani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Era digital telah mengubah secara signifikan cara penyampaian pesan dalam bidang hubungan masyarakat (public relations), dengan penetrasi internet di Indonesia yang mencapai 79,20% menandakan sebagian besar masyarakat kini terhubung secara online. Digital Public Relations (DPR) muncul sebagai evolusi praktik kehumasan tradisional yang memanfaatkan kekuatan teknologi digital dan media sosial untuk membangun relasi yang lebih luas dan interaktif. Instagram sebagai salah satu platform media sosial terpopuler di Indonesia dengan 90,1 juta pengguna menjadi sarana strategis bagi lembaga keagamaan seperti Masjid Agung Jawa Tengah yang menggunakan akun @majt_jateng untuk menyampaikan konten dakwah dan informasi keagamaan. Namun, belum banyak diketahui secara akademik bagaimana konten-konten tersebut dikelola, dirancang, dan dipublikasikan oleh tim pengelola akun, sehingga membuka ruang kajian mengenai praktik pengelolaan konten digital yang dilakukan oleh lembaga keagamaan melalui platform Instagram.
Penelitian ini bertujuan untuk mendalami pengelolaan konten di Instagram @majt_jateng dalam perspektif Digital Public Relations. Secara teoritis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi ilmiah dalam bidang ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam, khususnya dalam konsentrasi keilmuan Public Relations. Secara praktis, penelitian ini bertujuan untuk membantu @majt_jateng dan lembaga sejenis dalam memahami lebih baik pengelolaan konten di Instagram yang mengacu pada perspektif digital public relation. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan situasi secara sistematis dan faktual. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi, dengan data primer diperoleh dari wawancara langsung dengan ketua tim pengelola media MAJT sebagai admin Instagram @majt_jateng.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perspektif Digital Public Relations, MAJT telah menerapkan transparansi dalam menanggapi kritik meski bersifat selektif sesuai norma keagamaan, menjaga kontrol informasi yang ketat sehingga elemen porosity belum tampak dominan, belum terlihat reinterpretasi konten secara signifikan, namun berhasil menyajikan konten yang kaya pesan religius dengan jangkauan luas melalui story interaktif dan kolaborasi akun komunitas. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami praktik pengelolaan konten digital pada lembaga keagamaan non-komersial yang dapat menjadi referensi bagi institusi sejenis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Digital public relations; Pengelolaan konten; Instagram; Masjid Agung Jawa Tengah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 21 Nov 2025 01:42
Last Modified: 21 Nov 2025 01:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28324

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics