Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN Tambakaji 04 Kec. Ngaliyan Kota Semarang

Putri, Mellisanti Dwi Maurina (2025) Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN Tambakaji 04 Kec. Ngaliyan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2103036102_Mellisanti Dwi Maurina Putri_Lengkap] Text (Skripsi_2103036102_Mellisanti Dwi Maurina Putri_Lengkap)
Skripsi_2103036102_Mellisanti Dwi Maurina Putri_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) formulasi strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN Tambakaji 04 Kec. Ngaliyan Kota Semarang, 2) pelaksanaan strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN Tambakaji 04 Kec. Ngaliyan Kota Semarang, 3) evaluasi strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN Tambakaji 04 Kec. Ngaliyan Kota Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Adapun langkah yang dilakukan utuk menganalisis data yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Formulasi strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN Tambakaji 04 Kec. Ngaliyan Kota Semarang yaitu: a) menyusun visi, misi, dan tujuan, b) perencanaan kegiatan, c) identifikasi kebutuhan, d) penyusunan kebijakan. 2) Pelaksanaan strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN Tambakaji 04 Kec. Ngaliyan Kota Semarang yaitu: a) pelaksanaan kegiatan, b) pelibatan guru, siswa, dan orang tua, c) penyedian fasilitas, d) sosialisasi kegiatan, e) pendanaan dan dukugan anggaran. 3) Evaluasi strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN Tambakaji 04 Kec. Ngaliyan Kota Semarang yaitu: a) monitoring, b) evaluasi hasil, c) umpan balik, d) pelaporan dan dokumentasi kegiatan, e) penyusunan rencana tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Kepala sekolah; Gerakan literasi sekolah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 01 Dec 2025 02:26
Last Modified: 01 Dec 2025 02:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28469

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics