Manajemen pusat kegiatan belajar masyarakat dalam pengembangan karakter religius anak berkebutuhan khusus di PKBM Talenta (program kesetaraan SD) Semarang

Tatsbita, Nur Asyadda (2025) Manajemen pusat kegiatan belajar masyarakat dalam pengembangan karakter religius anak berkebutuhan khusus di PKBM Talenta (program kesetaraan SD) Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2103036105_NUR ASYADDA TATSBITA_FULL] Text (Skripsi_2103036105_NUR ASYADDA TATSBITA_FULL)
Skripsi_2103036105_NUR ASYADDA TATSBITA_FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan menjadi suatu hal yang sangat penting untuk mempersiapkan manusia menghadapi tantangan yang akan datang dari globalisasi, serta menjadi manusia yang mempunyai aturan serta moral dalam kehidupannya, dan tentunya tak terkecuali pendidikan untuk mempersiapkan karakter manusia yaitu dalam konteks karakter religius bagi anak berkebutuhan khusus. Pada lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan inklusilah menjadi media yang tepat untuk mencapai tujuan dalam mengajarkan nilai-nilai karakter religius tersebut. Akan tetapi, untuk mencapai t u j u a n tersebut dibutuhkan manajemen sekolah yang baik dan efektif dalam mengelola baik dalam penerapan dan pengembangan karakter tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana manajemen pusat kegiatan belajar masyarakat dalam pengembangan karakter religius ABK dan faktor apa saja pendukung dalam keberhasilan pengembangan karakter religius anak berkebutuhan khusus di PKBM Talenta (Program kesetaraan SD) Semarang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data yang dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara.
Hasil penelitian menunujukkan bahwa (1) PKBM Talenta dalam mengelola manajemen pusat kegiatan belajar masyarakat dari segi penerapan dan pengembangan karakter religius ABK telah berjalan dengan efektif. (2) Beberapa faktor pendukung keberhasilan dalam pengembangan karakter religius ABK yaitu kurikulum yang efektif, tenaga pendidik yang sabar, kreatif, energik dan sarana prasarana yang memadai mendukung secara maksimal pengembangan karakter anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM); Karakter religius
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 01 Dec 2025 02:34
Last Modified: 01 Dec 2025 02:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28470

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics