Evaluasi program e-learning dengan perspektif model CSE-UCLA di MIN 1 Semarang

Hasanah, Nida Ul (2024) Evaluasi program e-learning dengan perspektif model CSE-UCLA di MIN 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2103036168_NIDA UL HASANAH_Lengkap] Text (Skripsi_2103036168_NIDA UL HASANAH_Lengkap)
Skripsi_2103036168_NIDA UL HASANAH_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

E-learning dalam bidang pendidikan digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi berbagai permasalahan, baik sebagai tambahan, pelengkap, maupun pengganti kegiatan pembelajaran yang sudah ada. Termasuk MIN 1 Semarang yang menggunakan e-learning sebagai media untuk mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi penggunaan e-learning menggunakan perspektif model CSE-UCLA. Evaluasi dilaksanakan berdasarkan 5 aspek, yaitu: system assessment, program planning, program implementation, program improvement, dan program certification. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil evaluasi system assessment, program planning, program implementation, program improvement, dan program certification program e-learning sudah dilaksanakan. Namun, pada aspek program planning di MIN 1 Semarang kesiapan sarana prasarana e-learning di kelas belum memadai dan belum terdapat struktur organisasi yang jelas untuk pengelola e-learning. Disamping itu, pada aspek program certification dalam aplikasi e-learning belum terdapat tempat untuk memberikan saran atau komentar terhadap penggunaan aplikasi e-learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; E-learning; CSE-UCLA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 01 Dec 2025 04:56
Last Modified: 01 Dec 2025 04:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28487

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics