Efektivitas penggunaan media kartu huruf dan kuis interaktif terhadap membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 1 Candisari Demak
Novita, Dwi Ayu (2025) Efektivitas penggunaan media kartu huruf dan kuis interaktif terhadap membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 1 Candisari Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
2103096013_Dwi Ayu Novita_Full Skripsi - Dwi Ayu.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang efektivitas media kartu huruf dan kuis interaktif terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri 1 Candisari Demak. Tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media kartu huruf dan kuis interaktif terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 1 Candisari Demak.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pre$ e$xpe$rime$ntal menggunakan metode litian one$ grup pre$te$st- postte$st de$sign. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas I SD Ne$ge$ri I Candisari dengan sampel yang be$rjumlah 17 siswa tahun ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode random sampling. Metode pengumpulan data yang dipilih ialah metode observasi, dokumentasi dan tes. Metode observasi digunakan untuk melakukan pengamatan terhadap perilaku siswa, sedangkan dokumentasi digunakan dalam mengumpulkan data siswa dan data nilai siswa sementara metode tes untuk memperoleh hasil pretest dan posttest.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kemampuan membaca permulaan siswa sebesar 86,35 naik dari nilai pretest sebesar 71,29. Pengujian dilakukan dengan uji paired sample t Test. Dari pengujian tersebut diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 untuk hasil nilai pretest dan posttest kemampuan membaca permulaan siswa. Menurut hasil tersebut, dipastikan H_0 ditolak dan H_1 diterima. Berikutnya, hasil uji t menampilkan nilai korelasi sebesar 0,857 yang artinya kore$lasi atau hubungan antara me$dia kartu huruf dan kuis inte$raktif de$ngan ke$mampuan me$mbaca pe$rmulaan siswa sangat kuat.. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa media kartu huruf dan uis interaktif efektif terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri 1 Candisari tahun ajaran 2024/2025
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Media kartu huruf; Kuis interaktif; Membaca permulaan |
| Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 03:09 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 03:09 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28577 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
