Pengaruh metode bernyanyi terhadap keterampilan membaca permulaan siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas 1 di MI Ibrohimiyyah Mranggen Demak

Rosyidina, Rosalina (2025) Pengaruh metode bernyanyi terhadap keterampilan membaca permulaan siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas 1 di MI Ibrohimiyyah Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096017_Rosalina Rosyidina_Ful Skripsi - ROSALINA ROSYIDINA 2103096017] Text (2103096017_Rosalina Rosyidina_Ful Skripsi - ROSALINA ROSYIDINA 2103096017)
2103096017_Rosalina Rosyidina_Full Skripsi - ROSALINA ROSYIDINA 2103096017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 1 di MI Ibrohimiyyah Mranggen Demak. keterampilan membaca merupakan kemampuan dasar yang sangat penting untuk perkembangan akademik siswa, terutama pada tahap awal membaca. Namun banyak siswa dikelas 1 mengalami kesulitan dalam mengenali huruf, membaca suku kata, dan memahami kata dengan baik. Oleh karena itu, metode bernyanyi diperlukan untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca.
Penelitian ini menggunakan pendektan kuantitatif serta desain eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok eksperimen yang menerima perlakuan melalui metode bernyanyi, yang kedua adalah kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Untuk mengumpulkan data, tes keterampilan membaca dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan.
Hasil analisis data dengan uji Independent Sample T-Test menunjukkan pengaruh yang signifikan antara hasil posttest eksperimen dan posttest kelompok kontrol. Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0, 190 (< 0,05). Selain itu, hasil uji ukuran efek dengan nilai 1,04 menunjukkan bahwa metode bernyanyi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode bernyanyi; Keterampilan membaca; Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Dec 2025 03:17
Last Modified: 05 Dec 2025 03:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28579

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics