Persepsi dan tindakan guru terhadap pemanfaatan artificial intelligence dalam pembelajaran di SD/MI Kota Semarang

Irnaeni, Istianah (2025) Persepsi dan tindakan guru terhadap pemanfaatan artificial intelligence dalam pembelajaran di SD/MI Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096030_ISTIANAH IRNAENI_LENGKAP TUGAS AKHIR - Istianah Irna] Text (2103096030_ISTIANAH IRNAENI_LENGKAP TUGAS AKHIR - Istianah Irna)
2103096030_ISTIANAH IRNAENI_LENGKAP TUGAS AKHIR - Istianah Irna.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) memberikan peluang bagi inovasi pembelajaran di Sekolah SD/MI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi dan tindakan guru terhadap pemanfaatan AI dalam pembelajaran di SD/MI Kota Semarang. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara, Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di keempat sekolah tersebut umumnya memiliki persepsi positif terhadap AI, terutama dalam aspek efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan guru memandang AI sebagai media bantu yang mempermudah pembuatan materi ajar, menyusun modul ajar digital, membuat soal evaluasi, serta mendukung pembelajaran yang lebih adaptif dan menarik. Dari segi tindakan, guru di MI Darul Ulum SDN Tambakaji 04, SDN 3 Purwoyoso 3 dan MI Al Hikmah tercatat telah menggunakan AI untuk lima bentuk kegiatan pembelajaran, yaitu penyusunan modul ajar, personalisasi materi, desain media interaktif, penyusunan simulasi/eksperimen virtual, dan presentasi materi. Guru memanfaatkan platform seperti Canva, ChatGPT, dan Quizizz. Guru menyebutkan AI seperti ChatGPT, Gemini, Gamma dan Canva sebagai alat bantu yang sangat membantu dalam menyusun RPP, modul ajar, serta media visual pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Artificial intelligence; Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Dec 2025 03:36
Last Modified: 05 Dec 2025 03:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28582

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics