Persepsi guru tentang penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi kelas 1 ICP SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang

Husainiyah, Rosyidah Nur (2025) Persepsi guru tentang penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi kelas 1 ICP SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096052_ROSYIDAH NUR H_Full Skripsi - ROSYIDAH NUR HUSAINIYAH 2103096052] Text (2103096052_ROSYIDAH NUR H_Full Skripsi - ROSYIDAH NUR HUSAINIYAH 2103096052)
2103096052_ROSYIDAH NUR H_Full Skripsi - ROSYIDAH NUR HUSAINIYAH 2103096052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi semakin berkembang dalam dunia pendidikan, termasuk di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana guru memandang penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di kelas 1 ICP SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatid deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa guru memiliki sikap positif terhadap penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Media seperti proyektor, aplikasi pembelajaran digital, dan kuis interaktif dianggap mampu mampu meningkatkan keterlibatan siswa, membuat pembelajaran lebih menarik, serta membantu pemahaman konsep yang diajarkan. Beberapa faktor yang mendukung pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran diantaranya adalah meningkatnya motivasi siswa, tersedianya fasilitas pendukung dari sekolah, serta pengalaman positif guru dalam menggunakan teknologi. Namun, penerapan teknologi juga menghadapi beberapa kendala, seperti jaringan internet yang tidak stabil, minimnya pelatihan bagi guru, serta tantangan dalam mengelola kelas saat teknologi digunakan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru; Media pembelajaran; Teknologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Dec 2025 01:27
Last Modified: 08 Dec 2025 01:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28602

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics