Strategi dan tantangan dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bagi peserta didik kelas IV MI AL Hikmah Polaman tahun 2024/2025

Setyowati, Rosa Trinda (2025) Strategi dan tantangan dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bagi peserta didik kelas IV MI AL Hikmah Polaman tahun 2024/2025. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096054_Rosa Trinda Setyowati_Full Skripsi - Rosa Trinda] Text (2103096054_Rosa Trinda Setyowati_Full Skripsi - Rosa Trinda)
2103096054_Rosa Trinda Setyowati_Full Skripsi - Rosa Trinda.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru serta tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada peserta didik kelas IV MI Al Hikmah Polaman Semarang tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan triangulasi data (observasi, wawancara, dan dokumentasi), ditemukan tiga strategi utama yang digunakan guru, yaitu membaca bersama, membaca berulang, dan KWL (Know Want to Know Learned). Strategi ini membantu meningkatkan pemahaman siswa, namun guru menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya percaya diri, kurangnya fokus saat mendengarkan, perbedaan kemampuan membaca siswa, keterbatasan waktu, kesulitan menentukan apa yang sudah diketahui, kurangnya kemandirian dalam berpikir, manajemen waktu dalam pembelajaran. Meskipun cukup efektif, strategi ini masih perlu ditingkatkan dalam pelaksanaannya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan dalam pengembangan strategi pembelajaran membaca pemahaman di sekolah dasar, serta menjadi bahan evaluasi bagi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi membaca; Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Dec 2025 01:33
Last Modified: 08 Dec 2025 01:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28607

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics