Upaya guru mengatasi penyebab ketidaktuntasan hasil belajar siswa kelas III SD Al-Mardliyyah Kaliwungu Selatan Kendal
Choirunisak, Ainun (2025) Upaya guru mengatasi penyebab ketidaktuntasan hasil belajar siswa kelas III SD Al-Mardliyyah Kaliwungu Selatan Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
2103096067_Ainun Choirunisak_LengkapTugas Akhir - AINUN CHOIRUNISAK 2103096067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang secara konsisten tidak tuntas hasil belajarnya pada hampir semua mata pelajaran, baik pada sumatif tengah semester maupun sumatif akhir semester. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis faktor penyebab ketidaktuntasan hasil belajar siswa, serta upaya yang dilakukan guru untuk membantu siswa mengatasi faktor-faktor tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketidaktuntasan hasil belajar siswa di kelas III SD Al-Mardliyyah Kaliwungu Selatan Kendal disebabkan oleh tiga faktor utama yaitu, faktor internal (mencakup kurangnya minat belajar, rendahnya motivasi belajar, serta kematangan emosional yang belum optimal), faktor eksternal (mencakup kurangnya perhatian orang tua serta waktu belajar yang kurang), serta faktor gangguan psikologis (adanya siswa dengan kebutuhan khusus). Beberapa upaya yang dilakukan guru kelas III untuk mengatasi faktor penyebab ketidaktuntasan hasil belajar siswa, antara lain dengan melakukan pendekatan personal, membangun motivasi dan kepercayaan diri siswa melalui afirmasi positif selama proses pembelajaran, meningkatkan minat belajar siswa melalui metode pembelajaran yang aktif dan atraktif, melakukan pemantauan yang lebih intensif terhadap siswa, memberikan bimbingan belajar khusus di luar jam pelajaran, serta melakukan evaluasi kinerja dan pengembangan profesional secara berkelanjutan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar; Guru |
| Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 01:40 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 01:40 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28608 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
