Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak berkebutuhan khusus dengan pendekatan personal approach di SDN 1 Magelung

Efendi, Angela Putri Cahya (2025) Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak berkebutuhan khusus dengan pendekatan personal approach di SDN 1 Magelung. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096133_Angela Putri Cahya Efendi_FULL SKRIPSI - Angela Putri] Text (2103096133_Angela Putri Cahya Efendi_FULL SKRIPSI - Angela Putri)
2103096133_Angela Putri Cahya Efendi_FULL SKRIPSI - Angela Putri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak berkebutuhan khusus (ABK) melalui pendekatan personal di SDN 1 Magelung. Motivasi belajar merupakan faktor kunci dalam keberhasilan pendidikan ABK, yang sering menghadapi tantangan dalam proses pembelajaran. Pendekatan personal memungkinkan guru untuk memahami kebutuhan, minat, dan potensi unik setiap siswa, sehingga strategi pembelajaran dapat disesuaikan secara individual. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang menerapkan pendekatan personal mampu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung, meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, serta membangun hubungan yang positif antara guru dan siswa. Strategi yang digunakan meliputi penyusunan Program Pembelajaran Individual (PPI), penggunaan metode multisensori, dan pemberian penguatan positif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran aktif guru dengan pendekatan personal berkontribusi signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar ABK, serta mendorong pencapaian akademik dan perkembangan sosial-emosional mereka. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan guru dalam pendekatan personal dan penyediaan sumber daya yang mendukung pembelajaran inklusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru; Anak berkebutuhan khusus; Personal approach
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Dec 2025 01:19
Last Modified: 11 Dec 2025 01:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28742

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics