Penggunaan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia 5-6 tahun di TK Matahari Jubang Bulakamba Brebes

Afroh, Nilna El (2025) Penggunaan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia 5-6 tahun di TK Matahari Jubang Bulakamba Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Ksripsi_2003106062_Nilna El Afroh_Lengkap] Text (Ksripsi_2003106062_Nilna El Afroh_Lengkap)
2003106062_Nilna El Afroh - NILNA EL AFROH UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan media flashcard sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca merupakan alternatif baru yang diperkenalkan oleh peneliti dalam kegiatan pembelajaran membaca. Hal ini dilakukan karena masih banyak guru di TK Matahari yang menggunakan metode pembelajaran tradisional, seperti menulis di papan tulis, membacakan huruf, lalu meminta anak menirukan. Metode tersebut dinilai kurang efektif dan kurang menarik bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan membaca, mendeskripsikan penggunaan media flashcard dan efektivitas media flashcard dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun pada kelompok B di TK Matahari Jubang.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian di TK Matahari Jubang Bulakamba Brebes dengan menggunakan sumber data sekunder dan sumber data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini pertama, dalam pelaksanaan kegiatan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Matahari terdapat kekurangan media sehingga menjadikan anak belajar secara pasif. Kedua, proses pembelajaran menggunakan media flashcard di TK Matahari dapat dilihat dari empat indikator. Guru memberikan materi pembelajaran, guru memperlihatkan dengan mengangkat media tersebut kepada anak dan mencontohkan penggunaan media flashcard. Ketiga, media flashcard dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5–6 tahun di TK Matahari menunjukkan bahwa media ini mampu menarik minat siswa untuk fokus pada materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media flashcard; Kemampuan membaca: Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Dec 2025 02:46
Last Modified: 11 Dec 2025 02:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28766

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics