Pengembangan media pohon alfabet bergambar (albar) dalam mengenalkan huruf pada anak usia 4-5 tahun di RA Ibrohimiyyah Mranggen Demak
Ramadhanti, Anggita Putri (2025) Pengembangan media pohon alfabet bergambar (albar) dalam mengenalkan huruf pada anak usia 4-5 tahun di RA Ibrohimiyyah Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
2103106012_Anggita Putri Ramadhanti_Lengkap Tugas Akhir - ANGGITA PUTRI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Rendahnya kemampuan pengenalan huruf anak usia 4-5 tahun di RA Ibrohimiyyah menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Hal ini terlihat ketika anak masih kebingungan dan kesulitan mengenal huruf. Hal tersebut disebabkan karena guru tidak berbuat cukup banyak untuk menggunakan sumber belajar yang menarik dan beragam. Oleh karena itu, diperlukan materi pendidikan yang menarik yang mendorong anak untuk berpartisipasi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini berupaya untuk memberikan materi edukasi yang menarik untuk mengenalkan huruf pada anak-anak di RA Ibrohimiyyah yang berusia antara empat hingga lima tahun. Adapun rumusan masalah di penelitian ini meliputi: 1 Bagaimana proses pengembangan. Media Pohon Alfabet Bergambar dalam mengenalkan huruf pada anak usia 4-5 Tahun Di RA Ibrohimiyyah Kecamatan Mranggen Demak? 2 Bagaimana hasil Pengembangan Media Pohon Alfabet Bergambar dalam mengenalkan huruf pada anak usisa 4-5 tahun Di RA Ibrohimiyyah Kecamatan Mranggen Demak?
Model ADDIE, yang meliputi pertama analisis dengan melakukan indentifikasi kebutuhan dilapangan, kedua desain sebuah gambaran atau rancangan peneliti dalam membuat produk, ketiga development/pengembangan produk yang berwujud nyata dari desain yang sudah dibuat kemudian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media untuk mengembangkan produk, keempat implementasi produk yang sudah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media diuji coba ke lapangan, serta evaluasi produk untuk melakukan perbaikan dan pengembangan lebih lanjut. Pergunakan pada metodologi penelitian dan pengembangan (R&D) di penelitian ini. Pendekatan
pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan produk yang dapat mendukung proses pembelajaran serta mengevaluasi kelayakan dan efektivitas produk tersebut
Proses pengembangan produk media Pohon ALBAR menggunakan ADDIE yang sudah divalidasi oleh dua ahli materi dengan skor penilaian 90% dan sudah divalidasi oleh ahli media dengan skor penilaian 88% termasuk kategori ―sangat layak‖. Berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi serta ahli media memperlihatkan bahwasanya media Pohon ALBAR layak diuji coba
Sesuai dengan temuan penelitian yang sudah dilaksanakan peneliti dari dua tahap yakni pre-test sebelum menggunakan media Pohon ALBAR memperoleh hasil 36,54% dan pada tahap post-test menggunakan media Pohon ALBAR memperoleh hasil 83,09%. Hal ini diketahui adanya peningkatan anak pada proses pembelajaran, hal tersebut diperlihatkan melalui adanya media Pohon ALBAR anak tertarik dan antusias dengan media yang digunakan, anak merespon dengan baik dalam mengikuti proses pembelajaran, dan mempermudah anak untuk mengenal huruf melalui media
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Anak usia dini; Mengenal huruf |
| Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 04:43 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 04:43 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28791 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
