Manajemen pembelajaran PAI dan budi pekerti pada anak tunagrahita di SDLB Negeri Kendal

Azka, Vina Aghisna (2025) Manajemen pembelajaran PAI dan budi pekerti pada anak tunagrahita di SDLB Negeri Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103036013_VINA AGHISNA AZKA_Lengkap Tugas Akhir - VINA AGHISNA AZKA 2103036013] Text (2103036013_VINA AGHISNA AZKA_Lengkap Tugas Akhir - VINA AGHISNA AZKA 2103036013)
2103036013_VINA AGHISNA AZKA_Lengkap Tugas Akhir - VINA AGHISNA AZKA 2103036013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan inklusif memberikan kesempatan belajar setara bagi semua anak, termasuk siswa dengan disabilitas tunagrahita, yang mengalami gangguan perkembangan intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab tiga rumusan masalah: 1) bagaimana manajemen pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada anak tunagrahita di SDLB Negeri Kendal? 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada anak tunagrahita di SDLB Negeri Kendal? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada anak tunagrahita di SDLB Negeri Kendal mencakup perencanaan yang memperhatikan tujuan, karakteristik siswa, administrasi pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan pendekatan fleksibel, menggunakan berbagai metode dan media, serta menciptakan lingkungan kondusif. Evaluasi dilakukan secara berkala dengan tes tulis dan praktik langsung untuk menilai pengetahuan siswa. Faktor pendukung termasuk media pembelajaran, kompetensi guru yang baik, dan fasilitas sekolah, sementara penghambatnya adalah kurangnya motivasi orang tua dan masalah transportasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen pembelajaran; PAI; Budi Pekerti; Tunagrahita
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 18 Dec 2025 02:08
Last Modified: 18 Dec 2025 02:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28833

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics