Pendidikan karakter yang terkandung dalam UU No. 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka dan relevansinya dengan pencapaian kurikulum 2013
Majid, Aji Abdul (2014) Pendidikan karakter yang terkandung dalam UU No. 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka dan relevansinya dengan pencapaian kurikulum 2013. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo.
073911004_coverdll.pdf - Cover Image
Download (476kB) | Preview
073911004_bab1.pdf - Accepted Version
Download (177kB) | Preview
073911004_bab2.pdf - Accepted Version
Download (217kB) | Preview
073911004_bab3.pdf - Accepted Version
Download (266kB) | Preview
073911004_bab4.pdf - Accepted Version
Download (159kB) | Preview
073911004_bab5.pdf - Accepted Version
Download (73kB) | Preview
073911004_biliografi.pdf - Bibliography
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pendidikan karakter yang terkandung dalam Undang-Undang No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. (2) pendidikan karakter yang terkandung dalam kurikulum 2013. (3) relevansi pendidikan karakter yang terkandung dalam Undang-Undang No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dengan pencapaian implementasi kurikulum 2013.
Penelitian skripsi berbentuk Library Research (Penelitian Kepustakaan). Metode yang digunakan yaitu menggunkan metode dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, agenda dan sebagainya. Metode ini digunakan untuk menentukan literatur-literatur yang mempunyai hubungan dengan permasalahan yang diteliti dimana penulis membaca dan menelaahnya dari berbagai sumber yang telah disebutkan di atas yang mempunyai keterkaitan dengan tema skripsi ini, yaitu literatur yang berisi tentang pendidikan karakter gerakan pramuka dan kurikulum 2013.
Setelah dilakukan penelitian, dapat diketahui bahwa konsep pendidikan karakter yang terkandung dalam undang-undang tersebut lebih menitik beratkan pada kode moral atau darma pramuka. Yang isi dari darma pramuka tersebut yaitu : takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; cinta alam dan kasih sayang sesama manusia; patriot yang sopan dan kesatria; patuh dan suka bermusyawarah; rela menolong dan tabah; rajin, terampil dan gembira; hemat, cermat dan bersahaja; disiplin, berani dan setia; bertanggungjawab dan dapat dipercaya; suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.
Di dalam kurikulum 2013 juga menekankan pendidikan karakter yang tercantum di dalam kompetensi Inti (KI) yang meliputi
1) Kompetensi inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual,
2) Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
3) Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
4) Kompetensi inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti ketrampilan
Kajian ini menunjukkan bahwa di dalam KI 1, KI 2, KI 3, KI 4 ternyata kaitannya relevan dengan nilai-nilai karakter yang terdapat di dalam undang-undang nomor 12 tahun 2014. Religius Jujur, Kepatuhan, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta tanah air, Dipercaya, Bersahabat, Cinta damai, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung Jawab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter; UU No. 12 tahun 2010; Gerakan pramuka; Kurikulum 2013 |
Subjects: | 300 Social sciences > 360 Social services; association > 369 Miscellaneous kinds of associations 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 12 Dec 2014 03:35 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 10:35 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2964 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year