Strategi dakwah M. Quraish Shihab dalam buku "Membumikan Al-Qur'an"

Thoharoh, Dewi (2010) Strategi dakwah M. Quraish Shihab dalam buku "Membumikan Al-Qur'an". Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 1105025_Coverdll.pdf]
Preview
Text
1105025_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 1105025_Bab1.pdf]
Preview
Text
1105025_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 1105025_Bab2.pdf]
Preview
Text
1105025_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 1105025_Bab3.pdf]
Preview
Text
1105025_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 1105025_Bab4.pdf]
Preview
Text
1105025_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 1105025_Bab5.pdf]
Preview
Text
1105025_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 1105025_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
1105025_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Quraish Shihab merupakan salah satu tokoh di Indonesia yang banyak menaruh perhatian terhadap strategi dakwah juga merupakan salah seorang ahli tafsir di Indonesia yang menaruh perhatian pula terhadap dakwah dan problematikanya. Hal ini dibuktikan dengan karyanya yang berjudul: Membumikan Al-Qur'an. Dalam buku ini pada Bab keempat bagian pertama halaman 193 ada materi tentang metode dakwah al-Qur'an. dan pada Bab keempat bagian kedua halaman 394 menyentuh persoalan strategi dakwah. Yang menjadi rumusan masalah yaitu bagaimanakah strategi dakwah M. Quraish Shihah? Bagaimanakah posisi strategi dakwah M. Quraish Shihab dikaitkan dengan manajemen dakwah?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data skripsi ini dengan teknik studi pustaka. Data Primernya yaitu buku yang berjudul "Membumikan al-Qur'an" karya M. Quraish Shihab, sedangkan data sekundernya yaitu sejumlah kepustakaan yang relevan dengan skripsi ini. Penulisan ini menggunakan analisis studi pustaka.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dakwah M. Quraish Shihab yaitu agar para da'i dalam meletakkan strategi dakwah di era teknologi canggih dengan masyarakat yang belum tersentuh teknologi canggih hams dibedakan. Dakwah pada masyarakat di era teknologi canggih lebih dituntut rasional, logis dan mampu menarik benang merah dengan kapasitas kemampuan mad'u yang lebih cenderung menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Di sini para da'i dituntut untuk bisa menguasai IPTEK sehingga pemaparan Islam tidak sekadar menyampaikan ajaran agama yang sudah ada 1500 tahun yang lalu jika dihitung mulai diturunkannya al-Qur'an semasa hidup Nabi Muhammad SAW. Posisi strategi dakwah M. Quraish Shihab mengandung dan berkaitan dengan fungsi-fungsi manajemen dakwah. Strategi dakwah menurut M. Quraish Shihab merupakan bagian dari manajemen dakwah, khususnya fungsi perencanaan dakwah dan lebih khususnya lagi masuk dalam kategori penentuan dan perumusan sasaran dalam rangka pencapaian tujuan dakwah. Dalam rangka perencanaan dakwah, penentuan dan perumusan strategi dakwah merupakan langkah kedua setelah dilakukannya perkiraan dan perhitungan mengenai berbagai kemungkinan di masa depan. Penentuan dan perumusan strategi dakwah ini adalah sangat penting. Oleh karena rencana dakwah hanya dapat dirumuskan dengan baik bilamana terlebih dahulu diketahui dengan baik apa yang menjadi sasaran dan bagaimana strategi dari penyelenggaraan dakwah itu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Nurbini, M.Si.; Dra. Hj. Misbah Zulfa Elysabeth, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 16 Dec 2014 09:24
Last Modified: 22 May 2021 04:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3018

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics