Penerapan model pembelajaran active learning tipe card sort dikombinasikan dengan simulasi dalam pembelajaran materi haji dan umroh untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (studi tindakan pada kelas VIII MTs Nurul Huda Dempet Demak semester genap tahun ajaran 2009/2010)

Hidayah, Istiqomatul (2010) Penerapan model pembelajaran active learning tipe card sort dikombinasikan dengan simulasi dalam pembelajaran materi haji dan umroh untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (studi tindakan pada kelas VIII MTs Nurul Huda Dempet Demak semester genap tahun ajaran 2009/2010). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3103256_Coverdll.pdf]
Preview
Text
3103256_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3103256_Bab 1.pdf]
Preview
Text
3103256_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 3103256_Bab 2.pdf]
Preview
Text
3103256_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 3103256_Bab 3.pdf]
Preview
Text
3103256_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 3103256_Bab 4.pdf]
Preview
Text
3103256_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 3103256_Bab 5.pdf]
Preview
Text
3103256_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 3103256_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
3103256_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang menjadi kajian peneliti, yaitu 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran active learning tipe card sort dikombinasikan dengan simulasi dalam pembejaran materi haji dan umroh di kelas VIII MTs Nurul Huda Dempet Demak. 2) Untuk mengetahui relevansi relevansi penerapan model pembelajaran active learning tipe card sort dikombinasikan dengan simulasi dalam pembejaran materi haji dan umroh dengan upaya peningkatkan prestasi dan keaktifan belajar siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Dempet Demak.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan per siklus

Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan model pembelajaran active learning tipe card sort dikombinasikan dengan simulasi dalam pembelajaran materi haji dan umroh di kelas VIII MTs Nurul Huda Dempet Demak dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu dari perencanaan, kemudian dilakukan tindakan yang merupakan proses pelaksanaan pembelajaran yang dimulai dari pendahuluan berupa doa dan absensi, mencari kartu cabang dan mencocokkannya pada kartu induk, kemudian mendiskusikannya selanjutnya mensimulasikan tata cara haji dan umroh terakhir penutup dengan memberikan soal dan berdo’a bersama. 2) Peningkatan prestasi dan keaktifan belajar peserta didik di Kelas VIII MTs Nurul Huda Dempet dalam model pembelajaran active learning tipe card sort dikombinasikan dengan simulasi dalam pembelajaran materi haji dan umroh dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik per siklus yaitu pada pra siklus 3,5% menjadi 6,25% pada siklus I, naik menjadi 31,25% terakhir meningkat menjadi 93,7%. Demikian juga dengan keaktifan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran fiqih materi haji dan umroh juga meningkat per siklus yaitu di siklus I keaktifan siswa mencapai 37,5% naik menjadi 78,1% dan pada siklus III menjadi 93,7% ini menunjukkan apa dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi dan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan active learning tipe card sort dikombinasikan dengan simulasi dalam pembelajaran materi haji dan umroh berhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Ismail, SM., M.Ag.; Dr. Musthofa, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Active Learning; Tipe Card Sort; Simulasi Pembelajaran; Prestasi Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 30 Dec 2014 09:29
Last Modified: 30 Dec 2014 09:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3166

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics