Pemanfaatan physics courseware sebagai media pembelajaran Fisika guna meningkakan minat belajar siswa kelas IX pada materi arus listrik di MTs Miftahul Khoirot Ungaran

Pahlawi, Ahmad Ridho (2010) Pemanfaatan physics courseware sebagai media pembelajaran Fisika guna meningkakan minat belajar siswa kelas IX pada materi arus listrik di MTs Miftahul Khoirot Ungaran. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3104278_Coverdll.pdf]
Preview
Text
3104278_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 3104278_Bab1.pdf]
Preview
Text
3104278_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 3104278_Bab2.pdf]
Preview
Text
3104278_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 3104278_Bab3.pdf]
Preview
Text
3104278_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 3104278_Bab4.pdf]
Preview
Text
3104278_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 3104278_Bab5.pdf]
Preview
Text
3104278_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 3104278_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
3104278_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan Physics Courseware sebagai media pembelajaran fisika pada materi arus listrik. (2) Meningkatkan minat belajar siswa di MTs Miftahul Khoirot Ungaran.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas IX A MTs Muiftahul Khoirot Ungaran dengan jumlah peserta didik sebanyak 36 anak Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pelaksanaan siklus I sudah direncanakan sebelumnya. Dan pelaksanaan siklus II merupakan hasil refleksi dari siklus I. Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan metode observasi secara langsung pada saat pembelajaran dan pengambilan nilai pada tiap akhir siklus. Pengolahan data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil dari pengolahan data digunakan untuk menggambarkan ketercapaian tindakan terhadap peningkatan pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian, hasil penelitian siklus I ketuntasan belajar mencapai 62,08% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 12,41, pada siklus II ketuntasan belajar telah mencapai 82,08% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 16,41. Dari hasil penelitian yang diperoleh berarti terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan ketuntasan 20 % dan rata-rata sebesar 4,98.

Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Wenty Dwi Yuniarti, S.Pd, M.Kom.; Abdul Kholiq, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Fisika; Courseware
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 Dec 2014 09:35
Last Modified: 30 Dec 2014 09:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3170

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics