Studi komparasi kelancaran membaca huruf Latin dengan buku Nurani dan Kelancaran Membaca Huruf dengan buku Qiro’ati di RA Al–Khoiriyah 2 Semarang
Sujariyah, Sujariyah (2010) Studi komparasi kelancaran membaca huruf Latin dengan buku Nurani dan Kelancaran Membaca Huruf dengan buku Qiro’ati di RA Al–Khoiriyah 2 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3104039_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (281kB) | Preview
3104039_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (21kB) | Preview
3104039_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (165kB) | Preview
3104039_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (32kB) | Preview
3104039_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (70kB) | Preview
3104039_Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (16kB) | Preview
3104039_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara kelancaran membaca huruf Latin dengan buku Nurani (X1) dan kelancaran membaca Huruf Arab dengan buku Qiro’ati (X2).
Penelitian ini menggunakan metode tes dengan teknik komparasi, Subjek dalam penelitian ini sebanyak 18 (delapan belas) responden, sebagai subjek untuk mengetahui kelancaran membaca huruf Latin dengan buku Nurani dan kelancaran membaca Arab dengan buku Qiro’ati. Pengumpulan data menggunakan instrument tes pada peserta didik, sedangkan dokumentasi untuk mengetahui profil sekolah.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis statistic. Pengujian hipotesis menggunakan analisis t-score. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa kelancaran membaca huruf Latin dengan buku Nurani lebih lancar dari pada kelancaran membaca huruf arab karena materi membaca huruf Latin lebih mudah dari pada materi membaca Arab. Kualitas antara kelancaran membaca huruf Latin termasuk kategori baik dan kelancaran membaca Arab kategori cukup, yaitu kelancaran membaca huruf latin dengan nilai rata-rata 40,833, sedangkan kelancaran membaca huruf Arab dengan nilai rata-rata 33,056. Ada perbedaan tentang kelancaran membaca huruf Latin dengan buku Nurani dengan kelancaran membaca huruf arab dengan buku Qiro’ati di tunjukkan oleh rumus t-score, nilai to (4,689) lebih besar dari pada nilai t yang ada pada table signifikan 5% (1,684) tetapi pada signifikansi 1% (2,423) juga menunjukkan signifikan artinya ada perbedaan,. Berdasarkan hasil penelitian yang di peroleh membuktikan bahwa materi juga berpengaruh dalam kelancaran membaca meskipun menggunakan metode yang sama ataupun subjek yang sama.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para pengajar , para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo semarang
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Widodo Supriyono, M.A.; Drs. Abdul Wahid, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Membaca; Baca Tulis Al-Qur'an |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 30 Dec 2014 09:54 |
Last Modified: | 30 Dec 2014 09:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3179 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year