Implementasi pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Kalor di kelas VII MTs NU Nahdlatul Athfal Kudus tahun 2009-2010
Nafi’, Ahmad Ainun (2010) Implementasi pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Kalor di kelas VII MTs NU Nahdlatul Athfal Kudus tahun 2009-2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3104051_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (380kB) | Preview
3104051_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (55kB) | Preview
3104051_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (115kB) | Preview
3104051_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (52kB) | Preview
3104051_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (62kB) | Preview
3104051_Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (9kB) | Preview
3104051_Biblografi.pdf - Bibliography
Download (11kB) | Preview
Abstract
Ahmad Ainun Nafi’ (NIM: 3104051). Implementasi pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok kalor di kelas VII A MTs. NU. Nahdlatul Athfal Kudus tahun 2009/2010. Skripsi. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo. 2010.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menganalisa tentang implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) pada materi pokok kalor siswa kelas VII MTs NU Nahdlatul Athfal Kudus, (2) mendeskripsikan dan menganalisa tentang implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) guna meningkatkan pembelajaran dan hasil belajar pada materi pokok kalor siswa kelas VII MTs NU Nahdlatul Athfal Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas VII A MTs. NU. Nahdlatul Athfal Kudus dengan jumlah peserta didik sebanyak 39 anak.
Proses penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Pelaksanaan siklus I sudah direncanakan sebelumnya. Pelaksanaan siklus II merupakan hasil refleksi dari siklus I dan pelaksanaan siklus III adalah hasil refleksi dari siklus II. Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan metode observasi secara langsung pada saat pembelajaran dan pengambilan nilai pada tiap akhir siklus. Pengolahan data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil dari pengolahan data digunakan untuk menggambarkan ketercapaian tindakan terhadap peningkatan pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian, hasil penelitian siklus I ketuntasan belajar mencapai 41,02 % dengan nilai rata-rata kelas sebesar 55,64, pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 66,66 % dengan rata-rata kelas sebesar 65,51, sedangkan pada siklus III ketuntasan belajar telah mencapai 89,74 % dengan nilai rata-rata kelas sebesar 83,71. Dari hasil penelitian yang diperoleh berarti terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan ketuntasan 25,64 % dan rata-rata sebesar 9,9, sedangkan peningkatan dari siklus II ke siklus III dengan ketuntasan 23,08 % dan rata-rata sebesar 18,2.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Wenty Dwi Yuniarti, S.Pd., M.Kom.; Dra. Hj Nur Uhbiyati, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Contextual Teaching and Learning; Hasil Belajar; Kalor |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 30 Dec 2014 10:00 |
Last Modified: | 30 Dec 2014 10:00 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3181 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year