Pengelolaan komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Islam Al Azhar 29 Semarang
Mursidi, Ali (2010) Pengelolaan komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Islam Al Azhar 29 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3104108_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (207kB) | Preview
3104108_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (68kB) | Preview
3104108_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (133kB) | Preview
3104108_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (80kB) | Preview
3104108_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (43kB) | Preview
3104108_Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (12kB) | Preview
3104108_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (24kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana pengelolaan komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Islam Al Azhar 29 Semarang, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat pengelolaan komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Islam Al Azhar 29 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Data data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif analitik. Data yang berasal dari naskah, wawancara, catatan lapangan, dokumen dan sebagainya tersebut dideskripsikan sehingga dapat memberikan kejelasan terhadap kenyataan atau realitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan yang dijalankan Komite Sekolah SDIA 29 dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDI Al Azhar 29 Semarang, sudah cukup baik. Karena dalam prosesnya telah melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Pengelolaan Komite Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, dilaksanakan dengan mengoptimalkan empat peran komite sekolah, yakni: Komite Sekolah bertindak sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency) dalam penentuan dan pelaksanaa kebijakan pendidikan di satuan pendidikan; pendukung (supporting agency) baik yang berujud finansial, pemikiran maupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan; pengontrol (controlling agency) dalam rangka transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan dan keluaran pendidikan di satuan pendidikan; dan mediator (mediator agency) antara pemerintah dengan masyarakat di satuan pendidikan atau mediator antara masyarakat dengan satuan pendidikan.
Faktor pendukung pengelolaan Komite Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Islam Al Azhar 29 adalah; a) Besarnya dukungan dari wali murid, dewan guru dan kepala sekolah, b) Pengurus Jam’iyyah di SD Islam Al Azhar 29 Semarang didominasi oleh kaum ibu-ibu, c) Pengurus Jam’iyyah adalah orang-orang yang berpendidikan, d) Pengurus Jam’iyyah mempunyai network diperusahaan-perusahaan ternama. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: a) Kesibukan pribadi dari masing-masing pengurus Jami’yyah, b) Masih adanya pengurus Jam’iyyah yang tidak melaksanakan tugasnya, c) Kurangnya wawasan tentang organisasi komite sekolah, dan wawasan tentang kependidikan.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi, bagi komponen sekolah terutama bagi Komite Sekolah di lembaga pendidikan, sehingga dapat dijadikan bahan informasi dan masukan untuk meningkatkan pengelolaan Komite Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Fahrurrozi, M.Ag.; Drs. Wahyudi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Komite Sekolah; Mutu Pendidikan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 30 Dec 2014 10:04 |
Last Modified: | 30 Dec 2014 10:04 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3183 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year