Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Biologi materi pokok keanekaragaman makhluk hidup kelas VII MTs Al–Wathoniyyah Pedurungan Semarang
Khozanah, Livi Nurul (2010) Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Biologi materi pokok keanekaragaman makhluk hidup kelas VII MTs Al–Wathoniyyah Pedurungan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3104175_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (111kB) | Preview
3104175_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (44kB) | Preview
3104175_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (214kB) | Preview
3104175_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (75kB) | Preview
3104175_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (33kB) | Preview
3104175_Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (13kB) | Preview
3104175_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (11kB) | Preview
Abstract
Ilmu pengetahuan alam mempelajari dan memahami gejala alam yang terjadi melalui pengamatan. Sementara ini pelaksanaan pembelajaran IPA khususnya biologi masih cenderung menggunakan sumber belajar yang berupa buku teks saja. Akibatnya hasil pembelajaran tidak optimal. Salah satu alternatif mengatasi permasalahannya melalui model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction). Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mengetahui apakah model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) pada pembelajaran pokok bahasan keanekaragaman makhluk hidup dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik hingga mencapai ketuntasan belajar individual maupun klasikal.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian tindakan merupakan suatu proses yang memberikan kepercayaan kepada pengembangan kekuatan reflektif, diskusi, dan berpikir. Adapun pengumpulan datanya dengan cara: wawancara, observasi, dan tes. Sedangkan analisisnya menggunakan teknik analisis deskriptif prosentase.
Penelitian dilaksanakan di kelas VII-1 MTs Al–Wathoniyyah Pedurungan Semarang, semester 2 tahun pelajaran 2009-2010. Penelitian terdiri atas dua siklus, setiap siklus meliputi langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada tahap perencanaan disusun skenario pembelajaran dan menyiapkan perangkat pembelajaran. Dalam pelaksanaan tindakan, proses pembelajaran dilaksanakan dengan model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction). Pada tahap observasi, dilakukan pengamatan aktivitas siswa, sikap siswa, serta dilaksanakan tes hasil belajar. Indikator kinerja pada penelitian berupa tercapainya ketuntasan belajar secara individual dan klasikal.
Hasil pelaksanaan siklus I menunjukkan bahwa indikator ketercapaian belum tercapai karena hasil belajar koginitif kurang dari KKM ≥ 65, hasil belajar peserta didik hanya mencapai rerata nilai 62,56 dengan nilai tertinggi 75, nilai terendah 45, peserta didik yang belum tuntas belajar 17 orang, dengan prosentase ketuntasan belajar kelas 63 %. Perbaikan pada peningkatan keaktifan peserta didik, dilaksanakan pembelajaran siklus II, menunjukkan keaktifan peserta didik meningkat dengan rerata nilai 69,42 dengan nilai tertinggi 85, nilai terendah 55, peserta didik yang belum tuntas belajar 7 orang dengan prosentase ketuntasan belajar 86%.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukkan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Biologi; Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 577 Ecology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 30 Dec 2014 10:09 |
Last Modified: | 24 May 2021 04:20 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3185 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year