Studi komparasi hasil belajar Biologi antara pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan metode inquiry dengan metode konvensional materi pokok klasifikasi makhluk hidup siswa kelas Vll MTs Fatahillah Bringin Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2009/2010

Rahayuningsih, Emi (2010) Studi komparasi hasil belajar Biologi antara pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan metode inquiry dengan metode konvensional materi pokok klasifikasi makhluk hidup siswa kelas Vll MTs Fatahillah Bringin Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3105021_Coverdll.pdf]
Preview
Text
3105021_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3105021_Bab 1.pdf]
Preview
Text
3105021_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 3105021_Bab 2.pdf]
Preview
Text
3105021_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 3105021_Bab 3.pdf]
Preview
Text
3105021_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 3105021_Bab 4.pdf]
Preview
Text
3105021_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 3105021_Bab 5.pdf]
Preview
Text
3105021_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 3105021_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
3105021_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan metode Inquiry dengan metode konvensional materi pokok klasifikasi makhluk hidup siswa kelas VII MTs Fatahillah Bringin Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Metode penelitian eksperimen dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakukan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Desain eksperimen dalam penelitian ini yaitu Nonequivalent Control Group Design. Desain ini hampir sama dengan pretest-posttest control group design, hanya pada design ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Dalam desain ini terdapat dua kelompok sebagai populasi, kemudian diberi pre test untuk mengetahui keadaan awal. Selanjutnya pada kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran biologi dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan metode Inquiry sedangkan pada kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional (ceramah) pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup. Setelah pembelajaran selesai, kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol diberi tes akhir yang sama (post test).Tes akhir inilah yang digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan metode Inquiry dengan metode konvensional materi pokok klasifikasi makhluk hidup.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen ialah 76,69 dengan standar deviasi 6,99 sedangkan rata-rata hasil belajar kelompok kontrol adalah 72,59 dengan standar deviasi 6,92. Berdasarkan uji perbedaan rata-rata satu pihak yaitu uji pihak kanan diperoleh thitung = 2,352 dan ttabel = 1,660. Karena thitung > ttabel berarti Ho ditolak, artinya bahwa hasil belajar biologi kedua kelompok tersebut berbeda secara nyata atau signifikan. Karena hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol yang tidak mendapatkan pembelajaran melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan metode Inquiry dan harga thitung lebih besar dari ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi antara pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan metode Inquiry dengan metode konvensional materi pokok klasifikasi makhluk hidup siswa kelas VII MTs Fatahillah Bringin Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajarn; Hasil Belajar; Biologi; Contextual Teaching and Learning (CTL); Metode Inquiry; Metode Konvensional
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 577 Ecology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 31 Dec 2014 09:13
Last Modified: 24 May 2021 04:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3194

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics