Efektivitas penilaian portofolio terhadap hasil belajar matematika materi pokok relasi dan fungsi
Badriyah, Zuhrotul (2010) Efektivitas penilaian portofolio terhadap hasil belajar matematika materi pokok relasi dan fungsi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105329_Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (233kB) | Preview
3105329_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (38kB) | Preview
3105329_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (248kB) | Preview
3105329_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (147kB) | Preview
3105329_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (176kB) | Preview
3105329_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (13kB) | Preview
3105329_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penilaian portofolio efektif terhadap hasil belajar matematika materi pokok relasi dan fungsi pada peserta didik kelas VIII. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MTs NU Nurul Huda semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII-A yang terdiri dari 49 peserta didik dan sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII-B yang terdiri dari 47 peserta didik sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi dan tes. Sebelum diberi treatment kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata, dengan menggunakan nilai ulangan harian sebelum materi pokok relasi dan fungsi. Kemudian kedua kelas diberi treatmen yang berbeda. Kelas eksperimen menggunakan penilaian portofolio sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan penilaian konvensional. Setelah data didapat, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas.
Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 67,25 dan kelas kontrol = 59,04. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikansi = 5% diperoleh thitung = 3,388, sedangkan ttabel = 1,66. Karena thitung > ttabel maka terjadi perbedaan secara signifikan antara rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang dinilai menggunakan penilaian portofolio dengan peserta didik yang dinilai menggunakan penilaian konvensional. Perbedaan ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar matematika peserta didik dengan menggunakan penilaian portofolio lebih tinggi atau lebih baik daripada rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan penilaian konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penilaian portofolio efektif terhadap hasil belajar matematika materi pokok relasi dan fungsi pada peserta didik kelas VIII MTs NU Nurul Huda Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Pembelajaran; Penilaian Portofolio; Matematika; Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 31 Dec 2014 09:42 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 04:27 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3216 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year