Strategi pengembangan kompetensi pedagogik guru di SMP Islam Hidayatullah Semarang
Khomsatun, Qun (2010) Strategi pengembangan kompetensi pedagogik guru di SMP Islam Hidayatullah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105091_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
3105091_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (93kB) | Preview
3105091_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (112kB) | Preview
3105091_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (103kB) | Preview
3105091_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (73kB) | Preview
3105091_Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (21kB) | Preview
3105091_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (17kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana kompetensi pedagogik guru SMP Islam Hidayatullah Semarang. 2) bagaiman analisis kompetensi pedagogik guru SMP Islam Hidayatullah Semarang. 3) bagaiman pelaksanaan pengembangan profesionalitas guru pada kompetensi pedagogik di SMP Islam Hidayatullah Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif, yaitu metode analisis data yang berupa kata-kata.
Temuan penelitian ini yaitu meliputi: 1) Kompetensi pedagogik guru merupakan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Kompetensi pedagogik guru SMP Islam Hidayatullah Semarang dapat dikatakan cukup, secara umum guru SMP Islam Hidayatullah Semarang telah berusaha menerapkan sepuluh indikator kompetensi pedagogik, guru SMP Islam Hidayatullah Semarang telah menyipkan RPP setiap kali akan mengajar, RPP telah sesuai dengan standar kurikulum yang telah ditetapkan, menggunakan strategi atau pendekatan yang sesuai, pemanfaatan media mengaktifkan siswa, menguasai materi, penilaian proses dan hasil. 2) Adapun analisis yang digunakan SMP Islam Hidayatullah Semarang untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru di SMP Islam Hidayatullah Semarang menggunakan analisis SWOT yaitu: Strengths, Weakness, Opportunity, Threats (Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman). Dari hail analisis ini menyatakan bahwa kelemahan yang ada di SMP Islam Hidayatullah Semarang adalah wawasan profesionalitas guru dan fasilitas pendukung proses pendidikan belum memadai sehingga masih dibutuhkan pengembangan baik dari segi profesionalitas dan wawasan guru maupun fasilitas pendukung proses pendidikan. 3) Sedangkan strategi yang di laksanaan untuk pengembangan profesionalitas guru pada kompetensi pedagogik di SMP Islam Hidayatullah Semarang menggunakan pendidikan dan pelatihan yang berbentuk: MGMP, workshop, seminar, diskusi, pelatihan implementasi kurikulum 2006 dan pelatihan classroom management. Sedangkan yang berbentuk pelatihan dan pelaksanaan tugas yaitu: pelatihan pembuatan silabus dan RPP, pelatihan quantum teaching, pelatihan quantum learning, dan pelatihan student active learning.
Selanjutnya, semoga penelitian ini diharapkan menjadi khazanah dan masukan bagi guru dan pengelola SMP Islam Hidayatullah Semarang, bahan informasi bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Fahrurrozi, M. Ag.; Drs. Abdul Wahid, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik Guru; Profesionalisme Guru |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 05 Jan 2015 08:11 |
Last Modified: | 05 Jan 2015 08:11 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3230 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year