Penerapan metode penugasan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada materi pokok segiempat semester II kelas VII MTs Fatahillah Beringin Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2008/2009

Luthfia, Ifa (2010) Penerapan metode penugasan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada materi pokok segiempat semester II kelas VII MTs Fatahillah Beringin Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2008/2009. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_03105112_Ifa_Luthfia]
Preview
Text (SKRIPSI_03105112_Ifa_Luthfia)
3105112_Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 3105112_Bab 1.pdf]
Preview
Text
3105112_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 3105112_Bab 2.pdf]
Preview
Text
3105112_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 3105112_Bab 3.pdf]
Preview
Text
3105112_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 3105112_Bab 4.pdf]
Preview
Text
3105112_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 3105112_Bab 5.pdf]
Preview
Text
3105112_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 3105112_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
3105112_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimanakah penerapan metode penugasan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Fatahillah Bringin Ngaliyan Semarang pada materi pokok segiempat. (2) Apakah penerapan metode penugasan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Fatahillah Bringin Ngaliyan Semarang pada materi pokok segiempat

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research) pada peserta didik kelas VII B MTs Fatahillah Bringin Ngaliyan Semarang. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VII B melalui prasiklus penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran matematika yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah artimya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum optimal artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kesiapan dalam pembelajaran dan keaktifan peserta didik menggambarkan semangat untuk mengikuti pembelajaran. Obyek penelitian ini adalah di MTs Fatahillah Bringin Ngaliyan Semarang dengan populasi 198 peserta didik, yang terdiri dari kelas VII 74 peserta didik, kelas VIII 70 peserta didik, kelas IX 54 peserta didik. Subyek yang akan diteliti adalah peserta didik pada kelas VII B yang berjumlah 36 peserta didik

Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan menggunakan metode penugasan dengan materi yang belum diajarkan menciptakan suasana pembelajaran aktif serta hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, keaktifan belajar peserta didik mempunyai persentase 48% dan rata-rata tes akhir 54,03. pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 55,6% dan rata-rata tes akhir 68,89. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus II keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dapat dipersentasekan menjadi 76% dan rata-rata tes akhir peserta didik adalah 74,23. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan metode penugasan dengan sebelumnya.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan metode penugasan. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, orang tua) untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Dorongan belajar atau motivasi atau semangat belajar juga bisa berasal dari faktor orang tua atau keluarga yang dapat mempengaruhi kondisi psikologi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Penugasan; Strategi Pembelajaran; Hasil Belajar; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 05 Jan 2015 08:48
Last Modified: 23 Jun 2021 08:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3240

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics