Implementasi metode pembiasaan pada pengembangan moral keagamaan bagi anak usia dini (studi lapangan di playgroup Auliya kota Kendal)

Rahmawati, Rahmawati (2010) Implementasi metode pembiasaan pada pengembangan moral keagamaan bagi anak usia dini (studi lapangan di playgroup Auliya kota Kendal). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 63111013_Coverdll.pdf]
Preview
Text
63111013_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 63111013_Bab1.pdf]
Preview
Text
63111013_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 63111013_Bab2.pdf]
Preview
Text
63111013_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 63111013_Bab3.pdf]
Preview
Text
63111013_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 63111013_Bab4.pdf]
Preview
Text
63111013_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 63111013_Bab5.pdf]
Preview
Text
63111013_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 63111013_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
63111013_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apa materi moral keagamaan anak usia dini di Playgroup Auliya Kota Kendal; (2) Bagaimana implementasi metode pembiasaan pada pengembangan moral keagamaan anak usia dini di Playgroup Auliya-Kota Kendal.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode field research atau penelitian lapangan dengan teknik analisis data secara deskriptif kualitatif. Peneliti langsung terjun ke lapangan, tempat penelitian melihat keadaan disana kemudian memperoleh berbagai informasi dan data-data yang dibutuhkan. Kemudian data-data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan pendekatan deduktif dan induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa moral keagamaan anak usia dini di Playgroup Auliya terbilang baik, hal ini bisa dilihat dari kemampuan anak menerapkan isi nilai-nilai moral keagamaan yang diajarkan seperti: kemandirian, mau berinfak atau bershodaqoh, tanggung jawab, percaya diri dan berani, sabar, antusias ibadah, adil, kreatif, kepedulian, kerja sama, empati, suka menolong dan respek, nilai-nilai moral keagamaan tersebut dilakukan setiap hari oleh anak dengan menggunakan metode pembiasaan positif, yang mana nilai-nilai tersebut diajarkan dengan menggunakan pendekatan learning by doing dengan konsep sekolah alam dan full day school sehingga anak langsung mempraktikkan apa yang diajarkan selama seharian di sekolah, tidak sekedar mendengarkan materi pelajaran yang disampaikan. Anak-anak selalu dibiasakan melakukan hal-hal positif setiap harinya, sehingga benar-benar menjadi kebiasaan baginya, baik ketika berada pada lingkungan sekolah maupun ketika di rumah atau berbaur dengan lingkungan sekitar atau masyarakat. Jadi pembiasaan positif merupakan metode yang tepat dalam mengajarkan dan menerapkan nilai-nilai moral keagamaan pada anak usia dini.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para pendidik dan pengasuh anak usia dini, para peneliti serta semua pihak yang membutuhkan di lingkungan IAIN Walisongo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Hj. Lift Anis Ma’shumah, M.Ag.; H. Mursid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Moral Keagamaan; Metode Pembelajaran; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 Jan 2015 08:23
Last Modified: 06 Jan 2015 08:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3244

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics