Implementasi metode pembiasaan dalam menginternalisasikan nilai-nilai akhlak mulia pada anak usia dini di TKAT Birrul Walidain Demaan Kudus

Sulistyorini, Sulistyorini (2010) Implementasi metode pembiasaan dalam menginternalisasikan nilai-nilai akhlak mulia pada anak usia dini di TKAT Birrul Walidain Demaan Kudus. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 63111017_Coverdll.pdf]
Preview
Text
63111017_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 63111017_Bab1.pdf]
Preview
Text
63111017_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 63111017_Bab2.pdf]
Preview
Text
63111017_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 63111017_Bab3.pdf]
Preview
Text
63111017_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 63111017_Bab4.pdf]
Preview
Text
63111017_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 63111017_Bab5.pdf]
Preview
Text
63111017_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 63111017_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
63111017_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (59kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Implementasi metode pembiasaan di TKAT Birrul Walidain, 2). Proses internalisasi nilai-nilai akhlak mulia pada anak usia dini di TKAT Birrul Walidain melalui metode pembiasaan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif analitik dengan pengumpulan data secara induktif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, implementasi metode pembiasaan di TKAT Birrul Walidain ini dilaksanakan secara terus menerus dan konsisten melalui kegiatan-kegiatan yang ada di lembaga tersebut. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan pada pra KBM (Keiatan Belajar Mengajar), anak masuk kelas sampai pulang sekolah. Metode ini pembiasaan ini sangat sesuai untuk anak usia dini karena ini sesuai dengan psikologi anak yang mudah meniru dan mudah untuk menerima apa yang di sampaikan dan diperintahkan oleh guru. Kedua, proses internalisasi nilai-nilai akhlak mulia pada anak usia dini melalui metode pembiasaan di TKAT Birrul Walidain ini melalui kegiatan-kegiatan yang di mulai dari pra KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) sampai pulang sekolah melalui adanya sebuah penerimaan (rangsangan), partisipasi, penentuan tingkah laku dan interalisasi.
Kemudian dari kajian dan temuan-temuan diatas, kiranya dapat dijadikan sebagai acuan untuk implementasi metode pembiasaan sebagai upaya untuk menginternalisasikan nilai-nilai akhlak mulia pada anak usia dini.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan pemikiran, informasi, pengetahuan serta sumbangsih bagi para praktisi pendidikan, lembaga-lembaga pendidikan, para pemikir pendidikan, mahasiswa serta seluruh pihak yang membutuhkanya di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Abdul Kholiq, M.Ag.; Ismail SM, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Akhlak Mulia; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 Jan 2015 08:28
Last Modified: 06 Jan 2015 08:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3247

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics