Penerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar materi pokok jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan pada siswa kelas VIII E SMP Negeri I Lasem

Khasanah, Uswatun (2010) Penerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar materi pokok jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan pada siswa kelas VIII E SMP Negeri I Lasem. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 63111018_Coverdll.pdf]
Preview
Text
63111018_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 63111018_Bab1.pdf]
Preview
Text
63111018_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 63111018_Bab2.pdf]
Preview
Text
63111018_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 63111018_Bab3.pdf]
Preview
Text
63111018_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 63111018_Bab4.pdf]
Preview
Text
63111018_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 63111018_Bab5.pdf]
Preview
Text
63111018_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 63111018_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
63111018_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (218kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Cooperatif Learning tipe Jigsaw pada materi pokok Jenis-jenis Hewan Yang Halal dan Haram Dimakan siswa kelas VIII E semester II SMP Negeri 1 Lasem tahun ajaran 2009/2010, (2) Apakah dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Lasem dalam mata pelajaran PAI khususnya materi pokok jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan.
Penelitian ini merupakan studi tindakan (action research) pada siswa kelas VIII E 1 Lasem. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VIII E melalui prasiklus penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran PAI yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan guru cenderung masih menggunakan metode klasikal, guru menerangkan, memberi contoh lalu mengerjakan soal-soal. Sehingga mengakibatkan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum optimal artinya belum mencapai Mriteria Ketuntasan Minimal (KKM=75).
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperatif Learning tipe Jigsaw pada materi pokok jenis-jenis Hewan yang halal dan haram dimakan yang lebih optimal di SMP N 1 Lasem tahun ajaran 2009/2010. Dan ada peningkatan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Cooperatif Learning tipe Jigsaw.
Setelah dilaksanakan tindakan melalui model pembelajaran Cooperatif Learning tipe Jigsaw dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, siswa menjadi aktif dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus 1 dan siklus II. Pada tahap prasiklus, ketuntasan belajar mencapai 55% dengan rata-rata nilai 76,9. Pada siklus 1 setelah dilaksanakan tindakan ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 72,7% dengan nilai rata-rata tes siklus 80. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dapat diprosentasekan menjadi 93,9% dengan rata-rata tes siklus II adalah 87,03. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran Cooperatif Learning tipe Jigsaw dengan sebelumnya.
Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para tenaga pengajar khususnya bidang PAI serta mampu memberikan semangat dan sikap positif terhadap pembelajaran PAI agar senantiasa berprestasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Ahwan Fanani, M.Ag.; Drs. H. Fatah Syukur, NC, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Cooperatif Learning; Pembelajaran Kooperatif; Jigsaw; Halal dan Haram; Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 Jan 2015 08:30
Last Modified: 06 Jan 2015 08:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3248

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics