Upaya meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih pokok materi makanan dan minuman melalui metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kelas VIII A MTs Asy-Syarifiyah Sarirejo Guntur Demak
Rohim, Ahmad (2010) Upaya meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih pokok materi makanan dan minuman melalui metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kelas VIII A MTs Asy-Syarifiyah Sarirejo Guntur Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63111026_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (299kB) | Preview
63111026_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (45kB) | Preview
63111026_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (283kB) | Preview
63111026_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (148kB) | Preview
63111026_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (58kB) | Preview
63111026_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (14kB) | Preview
63111026_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (19kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar Fiqih peserta didik kelas VIII A MTs Asy-Syarifiyah Sarirejo Guntur Demak pada materi makanan dan minuman. 2) Melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar Fiqih peserta didik kelas VIII A MTs Asy-Syarifiyah Sarirejo Guntur Demak pada materi pokok makanan dan minuman.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) pada peserta didik kelas VIIIA MTs Asy-Syarifiyah Sarirejo Guntur Demak. Dari hasil pengamatan observasi secara langsung di kelas VIIIA melalui prasiklus penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru mata pelajaran Fiqih yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran. Adanya hal seperti itu salah satu solusinya dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penerapan metode tersebut agar mampu meningkatkan Keaktifan belajar dan hasil belajar dan mencapai kompetensi materi makanan dan minuman.
Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus, hasil belajar dan keaktifan belajar peserta didik diperoleh dari pembelajaran fiqih sebelumnya. Pada siklus I dan II terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan dan refleksi akan dijadikan bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikutnya. Sehingga proses dan hasil pelaksanaan siklus berikutnya diharapkan akan lebih baik dari siklus sebelumnya. Dari tiap siklus akan diukur keaktifan, hasil belajar dan ketuntasan hasil belajar peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pra siklus diperoleh dari hasil ulangan harian peserta didik pada materi pokok sebelum penelitian. Rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar pada pra siklus adalah 66.28 dan 47.22%, sedangkan presentase keaktifan peserta didik belum diketahui sebab masih menggunakan metode konvensional. Setelah dilakukan siklus I rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar mengalami peningkatan adalah 69.67 dan 77.78%, sedangan presentase keaktifan peserta didik adalah 64.58%. Pada siklus II setelah diadakan refleksi pelaksanakan tindakan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar adalah 73.56 dan 88.89%, sedangkan presentase keaktifan peserta didik adalah 85.52%.
Dari hasil tersebut disimpulkan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar peserta didik kelas VIIIA MTs Asy-Syarifiyah Sarirejo Guntur Demak pada pelajaran Fiqih materi pokok makanan dan minuman.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi sekolah, pada khususnya guru Fiqih di MTs Asy-Syarifiyah untuk meningkatkan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam proses pembelajaran guna meningkatkan keaktifan belajar dan hasil pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Ahwan Fanani, M.Ag.; Drs. Sugeng Ristiyanto, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Fiqih; Metode Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Hasil Belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 07 Jan 2015 08:40 |
Last Modified: | 07 Jan 2015 08:40 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3255 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year