Peningkatan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih materi pokok ketentuan qurban melalui penerapan metode pembelajaran small group discussion pada kelas IX A semester ganjil MTs Ahmad Yani Wonotunggal Batang tahun ajaran 2010/2011
Haris, Irfan (2010) Peningkatan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih materi pokok ketentuan qurban melalui penerapan metode pembelajaran small group discussion pada kelas IX A semester ganjil MTs Ahmad Yani Wonotunggal Batang tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63111044_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (258kB) | Preview
63111044_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (36kB) | Preview
63111044_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (183kB) | Preview
63111044_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (77kB) | Preview
63111044_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (131kB) | Preview
63111044_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (13kB) | Preview
63111044_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Menerapkan metode pembelajaran small group discussion pada mata pelajaran fikih materi pokok ketentuan qurban. 2) Meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui penerapan metode pembelajaran small group discussion.
Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX A MTs Ahmad Yani Wonotunggal Batang tahun ajaran 2010/ 2011, dengan jumlah peserta didik 36, yang terdiri dari 19 peserta didik laki-laki dan 17 peserta didik perempuan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan, yang terfokus dalam kegiatan di kelas sehingga penelitiannya berupa Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research), yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelasnya. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah desain penelitian model siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.
Pelaksanaan penelitian dibagi dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang didahului dengan tahap pra siklus. Pada tahap pra siklus menggunakan metode konvensional yang diterapkan oleh guru sebelum penelitian dilaksanakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus rata-rata hasil belajar adalah 63,33 dengan prosentase sebesar 58,33%. Adapun keaktifan peserta didiknya adalah 56,50%. Hal ini menunjukkan perlu adanya penelitian tindakan agar dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.
.Setelah dilakukan tahap siklus I rata-rata hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 69.72 dengan ketuntasan belajar 66.66%, sedangkan presentase keaktifan peserta didik adalah 62.5%. Pada siklus II setelah diadakan refleksi pelaksanaan tindakan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajar sebesar 77.7 dengan ketuntasan belajar 80.55%, sedangkan presentase keaktifan peserta didik adalah 77.08%.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran small group discussion dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran fikih materi pokok qurban kelas IX A MTs Ahmad Yani Wonotunggal Batang semester gasal tahun pelajaran 2010/2011.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Darmuin, M.Ag.; Drs. Mahfud Junaidi, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar; Fikih; Qurban; Metode Pembelajaran |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 07 Jan 2015 08:44 |
Last Modified: | 07 Jan 2015 08:44 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3258 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year