Model pembelajaran make a match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA MA Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak materi pokok sistem gerak tulang pada manusia
Subkhan, Subkhan (2010) Model pembelajaran make a match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA MA Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak materi pokok sistem gerak tulang pada manusia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105130_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
3105130_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (27kB) | Preview
3105130_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (597kB) | Preview
3105130_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (28kB) | Preview
3105130_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (72kB) | Preview
3105130_Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (10kB) | Preview
3105130_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (9kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untukmengetahui: (1) Apakah pembelajarn dengan model pembelajaran Make A Match mampu meningkatkan aktivitas belajar biologi di MA Manbaul Ulum, Tlogorejo, Karangawen, Demak tahun ajaran 2009-2010 (2) Apakah pembelajarn dengan model pembelajaran Make A Match mampu meningkatkan hasil belajar siswa di MA. Manbaul Ulum, Tlogorejo, Karangawen, Demak tahun ajaran 2009-2010.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas(PTK) pada peserta didik kelas XI IPA MA Manbaul Ulum. Dari observasi secara langsung dapat diketahui bahwa model pembelajaran yang digunakan guru biologi di MA. Manbaul ulum masih cenderung terjadi komunikasi satu arah, artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan model pembelajaran Make A Match yaitu kelas XI IPA MA. Manbaul ulum yang jumlah siswanya ada 38 siswa.
Pada saat dilaksanakan model pembelajaran Make A Match, suasana pembelajaran menjadi lebih hidup, peserta didik menjadi lebih senang dengan suasana yang baru karena disamping belajar, mereka juga bisa bermain sehingga pada akhirnya dapat memperoleh hasil yang maksimal. Penelitian ini dilasanakan dalam tiga tahap, tahap pertama adalah kegiatan pra siklus, yaitu mencari data hasil belajar siswa kelas XI IPA tahun sebelumnya untuk materi sistem gerak tulang pada manusia. Hal ini sangat penting karena akan dijadikan dasar nilai awal. Tahap kedua adalah pelaksanaan siklus I, siklus II, dan siklus III. Sedangkan tahap ketiga adalah penyempurnaan data dan penyusunan laporan. Pada kondisi awal hasil belajar peserta didik sangat rendah yaitu rata-rata 61 dengan ketuntasan belajar 41%. Setelah dilaksanakan model pembelajaran Make A Match aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Pada siklus I diperoleh data prosentase aktivitas belajar siswa mencapai 58,91% dengan rata-rata hasil belajar 55,92 dengan ketuntasan belajar sebanyak 23,68%. Nilai tertinggi diduduki 2 anak dengan nilai 70, sedangkan nilai terendah diduduki 1 dengan nilai 40. Pada siklus II diperoleh data prosentase aktivitas belajar siswa mencapai 69,67% dengan rata-rata hasil belajar siswa 65,02 dengan ketuntasan belajar sebanyak 65,78%. Nilai tertinggi diduduki oleh 2 anak, dengan nilai 75, dan nilai terendah diduduki oleh1 anak dengan nilai 50. Pada siklus III diperoleh data prosentase aktivitas belajar siswa mencapai 77,84% dengan rata-rata hasil belajar siswa 79,21 dengan ketuntasan belajar sebanyak 92,10%.Nilai tertinggi diduduki 2 anak dengan nilai 90 dan terendah diduduki 3 anak dengan nilai 60 Dari data tersebut jelas, bahwa ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Make A Match. Namun dari penelitian ini masih ada siswa yang belum tuntas hasil belajarnya, dari siklus I sampai siklus III, ada 3 anak yang belum tuntas belajarnya, masing-masing dari mereka hanya mendapatkan nilai 60. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu karena memang anaknya bandel, sering gaduh sendiri dan tingkat kecerdasannya yang rendah. kemudian yang tuntas belajarnya ada 35 siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Make a Match; Hasil Belajar; Biologi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20] |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 07 Jan 2015 08:54 |
Last Modified: | 24 May 2021 05:41 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3264 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year