Efektivitas metode pembelajaran inquiry discovery learning terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI pada siswa kelas VIII semester 1 SMP NU 01 Muallimin Weleri tahun pelajaran 2010-2011

Faridah, Faridah (2010) Efektivitas metode pembelajaran inquiry discovery learning terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI pada siswa kelas VIII semester 1 SMP NU 01 Muallimin Weleri tahun pelajaran 2010-2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 63111067_Coverdll.pdf]
Preview
Text
63111067_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (559kB) | Preview
[thumbnail of 63111067_Bab1.pdf]
Preview
Text
63111067_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 63111067_Bab2.pdf]
Preview
Text
63111067_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 63111067_Bab3.pdf]
Preview
Text
63111067_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 63111067_Bab4.pdf]
Preview
Text
63111067_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 63111067_Bab5.pdf]
Preview
Text
63111067_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 63111067_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
63111067_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah Bagaimana efektivitas model pembelajaran Inquiry Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Siswa Kelas VIII Semester 1 SMP NU 01 Muallimin Weleri Kendal Tahun Pelajaran 2010-2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Inquiry Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Siswa Kelas VIII Semester 1 SMP NU 01 Muallimin Weleri Kendal, dengan indikator efektivitas hasil belajar kognitif dan aktivitas siswa dilihat ranah psikomotorik.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk true experiment design yaitu eksperimen yang berbentuk pretest-posttest control design. Pada bentuk ini terdapat dua kelompok. Pertama, kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Discovery Learning. Kedua, kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberi pembelajaran dengan model pembelajaran Inquiry Discovery Learning. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi.
Hasil analisis uji hipotesis diketahui bahwa kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung = 2,81. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel di mana derajat kebebasan (α) adalah 5% dengan dk = n1+n2-2 (34 + 34 – 2) diperoleh t(0,95)(66) = 2.00 karena thitung > (1 – α)(n1+n2–2), berarti Ha diterima, atau signifikan. Maka, hipotesis menyatakan bahwa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Inquiry Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik efektif digunakan yaitu ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan analisis keefektifan pembelajaran Inquiry Discovery Learning didapatkan bahwa persentase rata-rata hasil belajar siswa ranah kognitif dan ranah psikomotorik kelas eksperimen adalah 75,30%. Perolehan tersebut mempunyai kriteria efektif. Kemudian, dalam kelas kontrol yaitu kelas yang tidak memakai pembelajaran Inquiry Discovery Learning didapatkan 64,66% yang mempunyai kriteria cukup.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. Wahyudi, M.Pd.; dan H. Abdul Kholiq, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Inquiry Discovery Learning; Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 09 Jan 2015 08:17
Last Modified: 09 Jan 2015 08:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3268

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics