Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri melalui model cooperative learning tipe snow balling kelas VIII A semester gasal MTs KHR Ilyas Tambakrejo Buluspesantren Kebumen tahun ajaran 2010/2011
Nurchasanati, Siti (2010) Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri melalui model cooperative learning tipe snow balling kelas VIII A semester gasal MTs KHR Ilyas Tambakrejo Buluspesantren Kebumen tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63111079_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (110kB) | Preview
63111079_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (71kB) | Preview
63111079_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (188kB) | Preview
63111079_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (140kB) | Preview
63111079_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (267kB) | Preview
63111079_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (79kB) | Preview
63111079_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak menggunakan model cooperative learning tipe snow balling. 2) keaktifan peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak menggunakan model cooperative learning tipe snow balling.
Subyek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A semester gasal MTs KHR Ilyas Tambakrejo Buluspesantren Kebumen tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah peserta didik sebanyak 43 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkannya model cooperative learning tipe snow balling dalam pembelajaran akidah akhlak materi menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri, menunjukkan adanya perubahan, dapat dilihat berdasarkan jumlah nilai yang diperoleh. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap pra siklus, jumlah nilai rata-rata adalah 6,50, tahap siklus I nilai rata- rata adalah 7,42, dan tahap siklus II nilai rata- rata adalah 8,18. Sedangakan untuk prosentase ketuntasan belajar klasikal pada tahap pra siklus adalah 4,77%, pada tahap siklus I adalah 48,64%, dan pada tahap siklus II adalah 82,06%. Dari 3 tahap siklus stersebut dapat dilihat adanya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII A semester gasal MTs KHR Ilyas Tambakrejo. Dan juga keaktifan peserta didik dapat meningkat, dapat dilihat pada tahap pra siklus keaktifan peserta didik sebesar 44%, pada tahap siklus I sebesar 56% dan pada tahap siklus II sebesar 84%.
Penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran akidah akhlak materi menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri melalui model cooperative learning tipe snow balling dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dan akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII A semester gasal MTs KHR Ilyas Tambakrejo Buluspesantren Kebumen tahun ajaran 2010/2011.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing:Dra. Ani Hidayati, M.Pd.; Abdul Kholiq, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Akidah Akhlak; Cooperative Learning; Model Pembelajaran |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 09 Jan 2015 08:25 |
Last Modified: | 09 Jan 2015 08:25 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3274 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year