Implementasi pembelajaran aktif role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan di kelas VIII MTs Negeri Karangtengah Demak
Khoiriyah, Miftakul (2010) Implementasi pembelajaran aktif role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan di kelas VIII MTs Negeri Karangtengah Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105158_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (275kB) | Preview
3105158_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (28kB) | Preview
3105158_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (191kB) | Preview
3105158_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (55kB) | Preview
3105158_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (75kB) | Preview
3105158_Bab 5.pdf - Bibliography
Download (10kB) | Preview
3105158_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (13kB) | Preview
Abstract
Banyaknya siswa yang memperoleh nilai mata pelajaran biologi di bawah ketuntasan minimal disebabkan salah satunya karena proses pembelajaran selama ini belum melibatkan siswa secara aktif oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi terutama pada materi pokok sistem pencernaan pada manusia dengan menerapkan metode role playing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang melibatkan empat komponen yakni: Planning (rencana), Action (tindakan), Observation (pengamatan), Reflection (refleksi).
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-F yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus.
Dari hasil penelitian diperoleh: Hasil tes (ranah kognitif) siklus I nilai rata-rata kelas 65,5 dengan ketuntasan belajar kelas 65%, nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 90, siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 26 siswa dan 14 siswa yang belum tuntas. Pada siklus II nilai tes rata-rata kelas mencapai 71,5 dengan ketuntasan belajar kelas 87,5% nilai terendah 45 dan nilai tertinggi 95, siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 35 siswa dan 5 siswa yang belum tuntas.
Hasil belajar afektif siswa dari lembar observasi pada siklus I siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 18 siswa dan 22 siswa yang belum tuntas belajar. Ketuntasan belajar kelas pada siklus I baru 45% dan pada siklus II ketuntasan belajar kelas mencapai 85%. 34 siswa yang tuntas belajar secara individu dan 6 siswa yang belum tuntas belajar.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka Implementasi pembelajaran dengan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi Pokok sistem pencernaan pada manusia Kelas VIII MTs Negeri KarangTengah Demak
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Role Playing; Hasil Belajar; Sistem Pencernaan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 573 Specific physiological systems in animals, regional histology and physiology in animals |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 10 Jan 2015 01:24 |
Last Modified: | 24 May 2021 04:18 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3283 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year