Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam pengembangan kurikulum PAUD di KB TK Islam Masjid Al Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang
Safingatun, Safingatun (2010) Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam pengembangan kurikulum PAUD di KB TK Islam Masjid Al Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63311017_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (425kB) | Preview
63311017_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (112kB) | Preview
63311017_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (192kB) | Preview
63311017_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (128kB) | Preview
63311017_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (125kB) | Preview
63311017_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (19kB) | Preview
63311017_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (18kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mengkaji dua rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai manajer dalam pengembanagn kurikulum PAUD di di KB TK Islam Masjid Al Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang ? 2) Bagaimana factor prndukung dan factor penghambat peran kepala sekolah sebagai manajer dalam pengembangn kurikulum PAUD di KB TK Islam Masjid Al Azhar Permata puri Ngaliyan Semarang?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mendiskripsikan peran kepala sekolah manajer dalam pengembangn kurikulum PAUD di KB TK Islam Masjid Al Azhar Permata puri nGaliyan Semarang . 2) Mendiskripsikan factor prndukung dan factor penghambat peran kepala sekolah sebagai manajer dalam pengembangn kurikulum PAUD di KB TK Islam Masjid Al Azhar Permata puri Ngaliyan Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data. Analisis data dalam penelitianini berupa teknik analisis deskriptif, yaitu metode analisis data yang berupa kata-kata, gambar dan bukan angka.
Kesimpula/temuan penelitian ini yaitu meliputi: 1) peran kepala sekolah di KB TK Islam Masjid Al Azhar Purmata Puri Ngaliyan Semarang yaitu sebagai manajer yaitu kepala sekolah bersama-sama guru melakukan perencanaan pengembangan kurikulum, mengorganisasikan pengembangan kurikulum, sebagai pendamping dalam pelaksanaan pengembangankurikulum, kepala sekolah dibantu oleh guru dalam melaksanakan pengawasan dan pengevaluasian.2) factor pendukung peran kepala sekolah sebagai manajer dalam pengembangan kurikulum yaitu kepala sekolah memiliki kerja sama dengan pendidik, kepala sekolah ikut serta dalam kegiatan lembaga P2PNFI. Faktor penghambat peran kepala sekolah sebagai manajer dalam pengembangan kurikulum yaitu kurangnya waktu yang dimiliki kepala sekolah untuk terfokus memperhatikan perananya sebagai kepala sekolah di sekolahnya.
Kemudian dari kajian dan temuan tersebut kiranya dapat dijadikan acuan peran kepala sekolah sebagai manajer dalam pengembangan kurikulum PAUD di KB TK Islam Masjid Al Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang .
Selanjutnya, penelitian ini diharapkan menjadi khazanah dan masukan bagi kepala sekolah Islam Masjid Al Azhar. Bahan informasi bagi civitas akademi dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Lift Anis Ma’sumah, M.Ag.; Dra. Nur Uhbiyati, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum; Manajemen Sekolah; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 13 Jan 2015 07:47 |
Last Modified: | 13 Jan 2015 07:47 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3317 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year