Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI melalui manajemen setting kelas (studi tindakan pada siswa kelas VII SMP N 28 Semarang)
Ida, Mufnil (2010) Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI melalui manajemen setting kelas (studi tindakan pada siswa kelas VII SMP N 28 Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105240_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (249kB) | Preview
3105240_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (43kB) | Preview
3105240_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
3105240_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (55kB) | Preview
3105240_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (85kB) | Preview
3105240_Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (15kB) | Preview
3105240_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (17kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI setelah digunakan strategi manajemen setting kelas (2) bagaimana penerapan manajemen setting kelas dalam menumbuhkan motivasi, keaktifan, dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode studi tindakan (action research) pada siswa dengan model spiral dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari beberapa siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VII C SMP N 28 Semarang melalui penelitian tindakan tahap prasiklus dapat diketahui bahwa pada pembelajaran PAI, model pembelajaran yang diterapkan oleh guru mata pelajaran masih menggunakan metode ceramah dan siswa masih cenderung pasif. Proses belajar mengajar belum mencerminkan pembelajaran aktif, sehingga komunikasi yang terjalin cenderung masih komunikasi satu arah. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C yang mendapat pembelajaran PAI tahun ajaran 2009 /2010 semester I yang berjumlah 30 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan manajemen setting kelas, suasana pembelajaran di kelas menjadi hidup dan siswa ikut terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini ditunjukkan oleh kesiapan siswa menerima pelajaran, perhatian siswa dalam proses pembelajaran, keaktifan siswa dalam kelas, dan mampu menghadapi kesulitan. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat tahap yaitu, prasiklus, siklus I, siklus II, dan siklus III. Pada tahap prasiklus, motivasi belajar siswa mempunyai persentase sebesar 62,22% dan rata-rata hasil test akhir 72,53. Pada siklus I setelah dilakukan tindakan, motivasi belajar siswa meningkat menjadi 68,89% dan rata-rata hasil tes akhir 74,83. Pada tahap siklus II persentase motivasi belajar siswa meningkat menjadi 77,78% dan rata-rata hasil tes akhir sebesar 77,93. Sedangkan pada tahap siklus III setelah dilakukan tindakan, persentase motivasi belajar siswa meningkat menjadi 85,56% dan rata-rata hasil tes akhir sebesar 80,63.
Hasil penelitian tersebut, menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa setelah diterapkan manajemen setting kelas. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi semua pihak terutama guru/tenaga pengajar, orang tua dan siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Ismail SM, M.Ag.; Ikhrom, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar; Pendidikan Agama Islam; Manajemen Setting |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 14 Jan 2015 09:54 |
Last Modified: | 14 Jan 2015 09:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3333 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year