Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam peningkatan mutu guru PAI di SMP Nasima Semarang
Maghfiroh, Aini (2010) Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam peningkatan mutu guru PAI di SMP Nasima Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105269_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (145kB) | Preview
3105269_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (72kB) | Preview
3105269_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (181kB) | Preview
3105269_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (59kB) | Preview
3105269_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (53kB) | Preview
3105269_Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (11kB) | Preview
3105269_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (16kB) | Preview
Abstract
Tujuan yang menjadi kajian peneliti, yaitu 1) Pelaksanaan supervisi pendidikan yang dilakukan oleh kepala sekolah di SMP Nasima Semarang. 2) Strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai supervisor untuk meningkatkan mutu guru PAI di SMP Nasima Semarang. 3) Problematika yang dialami oleh kepala sekolah sebagai supevisor untuk meningkatkan mutu guru PAI di SMP Nasima Semarang dan bagaimana pemecahannya.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dan perilaku orang-orang yang dapat diamati dan diarahkan pada latar alamiah dan individu tersebut secara holistik (menyeluruh), sumber data diperoleh dari sekolah dan buku-buku pendukung. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul lalu dianalisis dengan menggunakan analisis data, data yang yang terkumpul semata-mata bersifat deskriptif dimana analisis datanya dilakukan secara induktif
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan supervisi pendidikan yang dilakukan oleh kepala sekolah di SMP Nasima Semarang dilakukan dengan melakukan pengawasan dan bantuan terhadap kinerja guru pada unit SMP, 2) Strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai supervisor untuk meningkatkan mutu guru PAI di SMP Nasima Semarang yaitu mengarahkan guru PAI pada proses pembelajaran yang tidak hanya teori tetapi aktif dalam pendampingan siswa harian (praktek dan teori baik) agar tercapai standar KKM pada diri peserta didik, kepala sekolah memberikan reward kepada guru bila hasilnya sesuai KKM dengan mempercepat kenaikan pangkatnya dan melakukan komunikasi dengan DEPAG, MGMP, dalam rangka peningkatan kualitas guru PAI. 3) Problematika yang dialami adalah Kurangnya kemampuan guru PAI dalam menggunakan dan memanfaatkan IT, banyaknya pekerjaan di SMP nasima semarang dalam pengembangan mutu sekolah terkadang jadwal supervisi terbengkalai. Maka menurut yang bisa dilakukan adalah kepala sekolah sebagai supervisor lebih meningkatkan mutu guru melalui profesional guru PAI, selain itu membiasakan guru menggunakan IT agar pembelajaran lebih berkualitas dan mencapai ketuntasan yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Wahyudi, M.Pd.; Dra. Hj. Nur Uhbiyati, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kepala Sekolah; Supervisi Pendidikan; Kualitas Guru |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 14 Jan 2015 09:59 |
Last Modified: | 14 Jan 2015 09:59 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3335 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year