Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode resitasi pada materi pokok zat aditif dalam makanan pada siswa kelasVIII MTs Mansaul Huda Rembang tahun ajaran 2009/2010
Ni’mah, Haidloroh Faiqotun (2010) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode resitasi pada materi pokok zat aditif dalam makanan pada siswa kelasVIII MTs Mansaul Huda Rembang tahun ajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105380_Bab.pdf - Accepted Version
Download (299kB) | Preview
3105380_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (31kB) | Preview
3105380_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (160kB) | Preview
3105380_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (23kB) | Preview
3105380_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (59kB) | Preview
3105380_Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (11kB) | Preview
3105380_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (29kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) pada peserta didik kelas VIII MTs Mansaul Huda Rembang. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VIII dapat diketahui metode pembelajaran yang digunakan oleh guru mata pelajaran IPA khususnya kimia belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah, artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran, peserta didik hanya mendengarkan penjelasan guru, menulis dari apa yang dijelaskan kemudian mengerjakan soal yang diberikan. Hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum maksimal. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan metode resitasi kelas VIII MTs Mansaul Huda yang jumlahnya ada 27 peserta didik.
Pada saat dilaksanakan metode resitasi, suasana pembelajaran di kelas VIII menjadi lebih hidup, peserta didik menjadi lebih aktif dan hasil belajar menjadi maksimal. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, tahap pertama adalah kegiatan prasiklus, yaitu mencari data hasil belajar siswa VIII tahun sebelumnya untuk materi zat aditif dalam makanan. Hal ini penting untuk dijadikan dasar nilai awal. Tahap kedua adalah pelaksanaan siklus I dan siklus II, sedangkan tahap ketiga yaitu penyempurnaan data dan penyusunan laporan. Pada kondisi awal sebelum diterapkan metode resitasi, hasil belajar peserta didik yaitu rata-rata hasil belajar 61,36 dengan ketuntasan belajar 40%. Setelah dilaksanakan metode resitasi hasil belajar peserta didik meningkat. Pada siklus I, prosentase rata-rata hasil belajar peserta didik 65,7 dan ketuntasan belajar 44,44%. Pada siklus II, prosentase rata-rata hasil belajar peserta didik 77,85 dan ketuntasan belajar 85,19%. Dari data tersebut, jelas bahwa ada peningkatan hasil belajar dari sebelum diterapkannya metode resitasi dengan setelah metode tersebut diterapkan. Namun dari penelitian ini masih terdapat peserta didik yang dari siklus pertama dan kedua mempunyai nilai dibawah indikator keberhasilan. Hal ini disebabkan oleh karena daya ingat siswa yang lemah.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Atik Rahmawati, M.Si.; Nasirudin, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Metode Pembelajaran; Metode Resitasi; Kimia |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 22 Jan 2015 09:18 |
Last Modified: | 22 Jan 2015 09:18 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3360 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year