Pembelajaran fisika dengan pendekatan keterampilan proses sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa MTs Tsamrotul Huda Jepara kelas VII dalam materi pokok pemuaian

Fatihah, Mu’izatul (2010) Pembelajaran fisika dengan pendekatan keterampilan proses sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa MTs Tsamrotul Huda Jepara kelas VII dalam materi pokok pemuaian. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3105391_Coverdll.pdf]
Preview
Text
3105391_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3105391_Bab 1.pdf]
Preview
Text
3105391_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 3105391_Bab 2.pdf]
Preview
Text
3105391_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 3105391_Bab 3.pdf]
Preview
Text
3105391_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 3105391_Bab 4.pdf]
Preview
Text
3105391_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 3105391_Bab 5.pdf]
Preview
Text
3105391_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 3105391_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
3105391_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (18kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Fisika di MTs. Tsamrotul Huda Jepara masih sering menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran yang menyebabkan siswa kurang aktif sehingga keterampilan sains dalam menemukan konsep dan mengembangkan pengetahuan sains masih kurang. Hal ini ditunjukkan dari indikator prestasi belajar pada ulangan harian yang diperoleh rata-rata nilainya 50,21 dan ini masih jauh dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Padahal KKM Fisika di MTs Tsamrotul Huda Jepara adalah 60.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan pembelajaran fisika dengan pendekatan keterampilan proses pada siswa MTs Tsamrotul Huda Jepara Kelas VII dalam materi pokok pemuaian, dan 2) Apakah pembelajaran fisika dengan pendekatan keterampilan proses dalam materi pokok pemuaian dapat meningkatkan hasil belajar siswa MTs Tsamrotul Huda Jepara Kelas VII. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran fisika pada siswa kelas VII MTs Tsamrotul Huda dalam materi pokok pemuaian, dan 2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Tsamrotul Huda Jepara setelah diterapkannya pendekatan keterampilan proses.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Tsamrotul Huda Jepara. Metode analisis data yang digunakan adalah deskripsi persentase. Data penelitian yang diperoleh adalah hasil belajar siswa aspek kognitif; afektif dan psikomotorik.
Hasil penelitian dari siklus I sampai siklus III, menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar serta aktivitas siswa. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari 60,64 pada siklus I, 74,04 pada siklus II dan 85,96 pada siklus III. Dan ketuntasan klasikal belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 63,83% pada siklus I, 80,85% pada siklus II dan 97,87% pada siklus III. Aktivitas afektif pada siklus I nilai rata-ratanya adalah 65,19, pada siklus II nilai rata-ratanya adalah 76,34 dan pada siklus III nilai rata-ratanya adalah 90,21. Sedangkan aktivitas psikomotorik pada siklus I nilai rata-ratanya adalah 60,68, pada siklus II nilai rata-ratanya adalah 74,13 dan pada siklus III nilai rata-ratanya adalah 89,19.
Berdasarkan hasil penelitian, pendekatan keterampilan proses dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran bagi guru, karena dapat membantu siswa dalam penguasaan konsep pada materi pelajaran dan dapat mengembangkan keterampilan-keterampilan proses yang dimiliki sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik ranah kognitif, afektif dan psikomotorik.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan keterampilan proses

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Wenty Dwi Yuniarti, S.Pd., M.Kom.; Dr. H. Saifudin Zuhri, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Metode Pembelajaran; Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 22 Jan 2015 09:21
Last Modified: 22 Jan 2015 09:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3361

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics