Model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam meningkatkan aktivitas belajar Biologi materi pokok sel peserta didik kelas Xl MAN 2 Pekalongan

Zulfa, Indana (2010) Model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam meningkatkan aktivitas belajar Biologi materi pokok sel peserta didik kelas Xl MAN 2 Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3105424_Coverdll.pdf]
Preview
Text
3105424_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 3105424_Bab 1.pdf]
Preview
Text
3105424_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (28kB) | Preview
[thumbnail of 3105424_Bab 2.pdf]
Preview
Text
3105424_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (987kB) | Preview
[thumbnail of 3105424_Bab 3.pdf]
Preview
Text
3105424_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 3105424_Bab 4.pdf]
Preview
Text
3105424_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 3105424_Bab 5.pdf]
Preview
Text
3105424_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 3105424_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
3105424_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar biologi terutama pada materi pokok sel dengan Cooperative Learning yaitu model pembelajaran Picture and Picture. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (action research) yang melibatkan empat komponen yakni: Planning (rencana), Action (tindakan), Observation (pengamatan), Reflection (refleksi).
Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 3 MAN 2 Pekalongan yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari; 1) planning (rencana); untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran dan membuat instrumen penelitian. 2) action (tindakan); melaksanakan model pembelajaran Picture and Picture pada mata pelajaran biologi materi pokok sel . 3) observation (pengamatan); pengambilan data tentang aktivitas belajar melalui tes evaluasi, lembar observasi, serta lembar kuesioner. 4) reflection (refleksi); menganalisis data hasil pengamatan.
Dari hasil penelitian diperoleh: Hasil pengamatan aktivitas peserta didik pada siklus I yakni rata-rata aktivitas peserta didik dengan guru adalah 61,56% dan rata-rata aktivitas peserta didik dengan peserta didik adalah 66,79%, Dan jumlah keseluruhan aktivitas peserta didik adalah 77,78%. Untuk hasil pengamatan aktivitas peserta didik pada siklus II aktivitas peserta didik dengan guru adalah 78,43% dan rata-rata aktivitas peserta didik dengan peserta didik adalan 83,78%, dan jumlah keseluruhan aktivitas peserta didik 94,44 %.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan aktivitas belajar biologi materi pokok sel peserta didik kelas XI MAN 2 Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif; Model Pembelajaran; Aktivitas Belajar; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 23 Jan 2015 07:25
Last Modified: 24 May 2021 05:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3368

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics