Penerapan manajemen budaya sekolah Islami di SD Islam Sultan Agung 04 Semarang
Usfuriyah, Usfuriyah (2010) Penerapan manajemen budaya sekolah Islami di SD Islam Sultan Agung 04 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63311030_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (407kB) | Preview
63311030_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (82kB) | Preview
63311030_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (221kB) | Preview
63311030_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (75kB) | Preview
63311030_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (58kB) | Preview
63311030_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (16kB) | Preview
63311030_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (16kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Bagaimana pengelola SD Islam Sultan Agung 04 menerapkan manajemen budaya sekolah Islami (BUSI) di lembaga mereka. 2) Gambaran tentang beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan manajemen budaya sekolah Islami (BUSI).
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif, yaitu metode analisis data yang berupa kata-kata, gambar dan bukan angka.
Temuan penelitian ini yaitu meliputi: 1) SD Islam Sultan Agung merasa perlu untuk mengelola budaya dalam hubungannya dengan meningkatkan mutu sekolah secara kultural, hal ini mengacu pada visi pendirinya, membangun generasi khaira ummah yang dipengaruhi oleh cita-cita internal dan tuntutan eksternal, maka dibentuklah budaya sekolah Islami (BUSI) pada 2008 dan resmi diterapkan pada 2009. Gerakan ini diimplementasikan dalam bentuk membangun budaya iqra’ dan Pengembangan budaya akhlakul karimah. Dalam pengembangan gerakan ini, identitas sebagai sekolah Islam tidak hanya berfungsi sebagai simbol untuk melengkapi nama sekolah, tetapi gerakan ini menjadi spirit utama yang menjadi pemompa stamina para pengelola lembaga untuk mewujudkan visi misi. Manajemen BUSI di SD Islam Sultan Agung 04 dapat dikategorikan sudah cukup baik (belum 100%), dengan indikator keberhasilan 70%, yaitu dapat diketahui dari terlaksananya beberapa kegiatan yang sesuai dengan dokumen (perencanaan), meningkatnya prestasi akademik serta masih terdapat beberapa yang tidak sesuai dengan dokumen. 2) Adapun faktor pendukung dan juga penghambat dalam penerapan manajemen budaya sekolah Islami (BUSI) di SD Islam Sultan Agung 04 meliputi: Faktor pendukung, komitmen dari top manajemen, dedikasi anggota, adanya sistem reward and punishment, dan ketersediaan fasilitas pendidikan yang representatif. Faktor penghambat, Belum optimalnya tugas tim BUSI (siswa), belum optimalnya penerapan sanksi, kekhawatiran anggota akan persepsi masyarakat sebagai sekolah yang banyak aturan, dan bergaris keras, ketidak siapan pihak internal akan konsekwensi logis yang harus dilaksanakan dalam perwujudan suasana keagamaan di sekolah.
Selanjutnya, semoga penelitian ini dapat menjadi khazanah dan masukan bagi pengelola, bahan informasi bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. H. Fatah Syukur, M.Ag.; Ismail SM, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Budaya sekolah Islami; Manajemen pendidikan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 02 Feb 2015 09:09 |
Last Modified: | 02 Feb 2015 09:09 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3380 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year