Strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu tenaga pendidik di SDI Hidayatullah Semarang

Ulya, Azimatul (2010) Strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu tenaga pendidik di SDI Hidayatullah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 633110137_Coverdll.pdf]
Preview
Text
633110137_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (564kB) | Preview
[thumbnail of 633110137_Bab1.pdf]
Preview
Text
633110137_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 633110137_Bab2.pdf]
Preview
Text
633110137_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 633110137_Bab3.pdf]
Preview
Text
633110137_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 633110137_Bab4.pdf]
Preview
Text
633110137_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 633110137_Bab5.pdf]
Preview
Text
633110137_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 633110137_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
633110137_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (71kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: rumusan masalah: 1) Bagaimana kondisi mutu tenaga pendidik di SDI Hidayatullah Semarang?, 2) Bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik di SDI Hidayatullah Semarang?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif. Temuan penelitian ini yaitu meliputi: (1) kondisi mutu tenaga pendidik SDI Hidayatullah Semarang berdasarkan dari kualifikasi akademik menunjukkan bahwa tahun 2009 terdapat 23 tenaga pedidik yang berstrata 1 dari jumlah keseluruhan yaitu 55 tenaga pendidik, sedangkan tahun 2010 menunjukkan peningkatan yaitu terdapat 35 tenaga pendidik yang berstrata 1 dari jumlah keseluruhan tenaga pendidik yaitu 61. Sedangkan dalam segi pembelajaran, tenaga pendidik SDI Hidayatullah Semarang melaksanakan tugasnya sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya yaitu kompetensi pedagogik: menerapkan yang metode mengajar secara efektif, menata setting kelas sebelum pembelajaran dimulai, mengenali minat dan kemampuan siswa, dan mengevaluasi pembelajaran. Kompetensi profesional: mampu memahami materi pembelajaran secara luas sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Kompetensi kepribadian: mempunyai kepribadian yang arif, berwibawa, disiplin, dewasa dan berakhlak mulia. Kompetensi sosial: bersosialisasi secara efektif terhadap peserta didik, sesama pendidik, orang tua wali maupun masyarakat sekitar. (2) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik SDI Hidayatullah Semarang yaitu dengan pembinaan rutin dari kepala sekolah maupun yayasan, kerjasama dengan Kualita Pendidikan Indonesia (KPI) diantaranya: Sinergy Building, Quantum Learning, Quantum Teaching, Student Active Learning (SAL), Sertifikasi Ummi, Class Room Management, kerjasama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), pengalokasian anggaran, pemberian beasiswa, dan studi banding.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi para tenaga pendidik (guru) sebagai tenaga pengajar dan para mahasiswa, sekaligus semua pihak terutama dalam memberi dorongan akan pentingnya sebuah kesuksesan yang dilakukan oleh tenaga pendidik (guru) terhadap proses belajar mengajar sehingga tercapainya tujuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Fahrurrozi, M. Ag.; Drs. Wahyudi, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Tenaga pendidik; Pedagogik; Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 02 Feb 2015 09:13
Last Modified: 02 Feb 2015 09:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3383

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics