Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Rembang (Studi Tentang Metode Pembelajaran dan Respon Siswa)

Rubiyanto, Rubiyanto (2010) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Rembang (Studi Tentang Metode Pembelajaran dan Respon Siswa). Masters thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Rubiyanto_Tesis_Sinopsis.pdf]
Preview
Text
Rubiyanto_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of Rubiyanto_Tesis_Cover.pdf]
Preview
Text
Rubiyanto_Tesis_Cover.pdf - Cover Image

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of Rubiyanto_Tesis_Bab1.pdf]
Preview
Text
Rubiyanto_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of Rubiyanto_Tesis_Bab2.pdf]
Preview
Text
Rubiyanto_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of Rubiyanto_Tesis_Bab6.pdf]
Preview
Text
Rubiyanto_Tesis_Bab6.pdf - Submitted Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of Rubiyanto_Tesis_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
Rubiyanto_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK ) merupakan jenjang pendidikan menengah yang mengutamakan pengembangan kemampuan peserta didik, untuk dapat bekerja atau mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja tertentu, atau untuk melihat peluang kerja dan mengembangkan diri di kemudian hari.
Penyelenggaraan pendidikan persekolahan sebagai salah satu pusat pendidikan, berkembang atas pemikiran efisiensi dan efektifitas. Aspek efisiensi berkaitan dengan tugas pembelajaran yang di kelola oleh guru dan efektifitas belajar yang dapat dicapai oleh para siswa. Adapun efektivitas belajar siswa dapat diartikan sebagai seberapa efektif tujuan-tujuan pendidikan dapat dicapai para siswa melalui kegiatan pembelajaran tersebut. Efesien diartikan sebagai seberapa efisien pendayagunaan waktu untuk menyelenggarakan kegiatan pembelajaran.
Dengan hal tersebut beberapa permasalahan yang akan di bahas :
1. Bagaimana metode pembelajaran Pendidikana Agama Islam di SMK Muhammadiayah Rembang.
2. Bagaimana respon siswa terhadap metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Rembang.
Walau demikian hendaknya dalam pemakaian metode harus disesuaikan dengan berbagai factor misalnya, situasi kegiatan belajar mengajar, materi yang disampaikan, alat yang tersedia serta kemampuan guru itu sendiri dalam menggunakan metode, yang semuanya itu disesuaikan dengan tujuan yang hendak dicapai.
Selama ini kondisi proses kegiatan belajar mengajar di SMK Muhammadiayah Rembang masih banyak dikuasai oleh cara-acara tradisional (guru menyampaikan pelajaran, siswa mendengarkan atau mencatat dengan system evaluasi yang mengutamakan pengukuran kemampuan menjawab pertanyaan hafalan atau kemampuan verbal lainnya).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Nov 2013 09:03
Last Modified: 29 Nov 2013 09:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/341

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics